Wujudkan Generasi Peduli Lingkungan, Tim KKN UIN Walisongo Latih Ecobrick pada Siswa

TIM KKN UIN Walisongo Posko 23 melatih Ecobrick pada Siswa di SD Negeri 1 Wonosari, Patebon, Kendal

Kendal. EDUKASIA.ID - Untuk meWujudkan Generasi Peduli Lingkungan, tim kuliah kerja nyata (KKN) UIN Walisongo Posko 23 melatih Ecobrick pada Siswa di SD Negeri 1 Wonosari, Patebon, Kendal, belum lama ini.


Perwakilan tim KKN UIN Walisongo posko tersebut, Astri Cahyaning menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa menjadi roll model dan cikal bakal generasi yang peduli terhadap alam dan lingkungan. 


"Pelatihan ini memberi dampak sampai ke perilaku hidup sehari-hari dan kehidupan dalam rumah masing-masing siswa yang peduli pada alam dan lingkungan,” tuturnya. 


Tim KKN UIN Walisongo juga mendaftarkan ecobrick hasil pelatihan siswa-siswi SDN 01 Wonosari ke gobrik.com sebagai wujud tanggung jawab atas plastik yang digunakan. 


Pelatihan yang disambut antusias para guru dan siswa-siswi SDN 01 Wonosari tersebut bekerjasama dengan PT. Marimas.


Pemateri pelatihan, Pak Ood dari PT. Marimas menjelaskan bahwa ecobrick adalah botol plastik yang telah diisi dengan sampah kresek dan kepadatan tertentu serta isi botol dengan berat antara 180 sampai 200 gram. 


Keberadaan ecobrick ini menurutnya dijadikan sebagai batako yang ramah lingkungan, karena pengaplikasiannya atau praktek ecobrick bisa menjadi alternatif pengganti batako untuk lantai, dinding, pagar untuk pot bunga, kursi dan banyak hal yang bisa difungsikan.


 "Pelatihan ecobrick ini gratis dengan tujuan untuk menyelamatkan bumi dari tumpukan sampah,” ujar Pak Ood.


Pihaknya juga mengajak Komunitas Kerajinan Daur Ulang Sampah (KERDUS) untuk membantu memberikan pelatihan ecobrick, karena Komunitas KerDUS merupakan kelompok kerajinan daur ulang sampah yang ada di Kabupaten Kendal.


Pelatihan ecobrick diikuti oleh siswa SDN 01 Wonosari dan guru-guru kelas. Sesuai dengan tema “Membangun Karakter Peduli Lingkungan melalui Pendidikan”, tujuannya untuk  menanamkan kesadaran lingkungan dan kepedulian terhadap alam serta perubahan iklim pada anak-anak, terutama persoalan sampah plastik yang semakin tidak terbendung.


"Plastikmu, tanggung jawabmu, plastikku tanggung jawabku,” seru siswa-siswi SDN 01 Wonosari di akhir pelatihan.


*Serial KKN UIN Walisongo kerjasama EDUKASIA.ID dengan PPM UIN Walisongo

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top