Porsema Jateng 2015 Sukses Digelar

Minggu,  7 Juni 2015  |  Hafid Amimah - SemarangEdu.com
Kontingen Kudus menerima tropi. (foto: dok. maarif)

Semarang Utara- Pekan Olah Raga dan Seni Maarif (PORSEMA) IX serta Olimpiade Sain dan Materi Ke-NU-an (OSNU) 2015 sukses digelar Pengurus Wilayah LP Ma’arif NU Jawa Tengah. Kegiatan akbar tersebut diselenggarakan di Kebumen, 28-31 Mei 2015.

Tema yang diangkat adalah “Spirit Aswaja”. Segenap keluarga besar LP Ma’arif NU, khususnya yang berpartisipasi dalam PORSEMA IX dan OSNU 2015 diharapkan mampu memperkokoh dan menerapkan ajaran-ajaran Ahlussunah wal Jama’ah dalam setiap aktivitas kependidikan, termasuk dalam kompetisi meraih prestasi di segala bidang.

Tercatat ada 3.911 peserta didik jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan MA/SMK/SMA, serta official yang hadir berkompetisi. Mereka datang dari 31 kabupaten/kota atau cabang LP Ma’arif NU se-Jawa Tengah. Dua puluh tujuh cabang dengan 74 kejuaraan ditanding dan dilombakan dalam ajang bergengsi dua tahunan tersebut.

Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hadir dalam upacara pembukaan di Alun-Alun Kebumen, Jumat 29/5/2015, bersama puluhan ulama dan jajaran pemerintahan Kabupaten Kebumen.

Menurut Ganjar, PORSEMA IX dan OSNU 2015 merupakan kegiatan positif untuk memererat silaturahmi dan kesolidan keluarga besar LP Ma’arif NU Jawa Tengah. Selain itu, peserta didik memiliki kesempatan mengaktualisasikan segenap potensi dan kecerdasan majemuknya. Peserta didik menjadi termotivasi untuk meraih prestasi, berjiwa sportif dan ksatria, yaitu berusaha meraih kemenangan secara jujur dan sungguh-sungguh, serta siap memerima kekalahan.

“Jangan sampai ada yang bermain suap dan mengatur skor. Kalian bukan generasi memble. Peserta didik Ma’arif NU adalah generasi hebat yang siap meneruskan estafet kepemimpinan bangsa di masa datang,” tegas Ganjar.

Sedangkan Imam Nahrawi berpesan agar siswa menunjukkan semangat, daya juang yang tinggi, dan sportifitas yang dilandasi nilai-nilai Aswaja. "Semoga dari even ini akan muncul bibit-bibit berkualitas yang mampu membawa bangsa ini meraih kejayaan di antara bangsa-bangsa lain di dunia”, tuturnya.

Seluruh lomba dan pertandingan dilaksanakan maraton di GOR Talenta Klirong, Kampus IAINU, SMK 1 Maarif, SMK 4 Maarif, dan Alun-Alun Kebumen. Hampir seluruh kontingen mampu meraup medali. Kontingen Ma’arif NU Cabang Kudus mampu menjadi juara umum. Juara umum II dan III diraih Kontingen Ma’arif NU Cabang Pati dan Jepara.

Menurut Agus Sofwan Hadi SH, Ketua PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah, PORSEMA dan OSNU kali ini terjadi persaingan yang ketat untuk menjadi juara. Hampir semua kontingen meraih medali. Menurutnya, hal ini menjadi penanda, bahwa madrasah dan sekolah di naungan LP Ma’arif NU semakin dinamis, berkualitas, dan kompetitif. “Para juara jangan berpuas diri, raihlah prestasi yang lebih tinggi lagi. Bagi yang belum juara, jangan patah semangat. Teruslah berlatih, di ajang lain prestasi pasti bisa kalian raih," ucap Sofwan.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top