Divonis HIV, Pemuda Ini Curhat Ke Mahasiswa Udinus

Jumat, 17 Desember  2015  | Abe Ziyad - SemarangEdu.com
obrolan inspiratif Udinus. (foto dok. Udinus)

Tugumuda. Cah Gareng, pemuda yang telah divonis HIV bertekad mengelilingi Indonesia. Saat ini yang telah diawali dari Pulau Jawa, Bali, Sulawesi hingga nantinya sampai Tanjung Selon di perbatasan Indonesia dan Malaysia.

“Ini adalah keinginan saya pribadi, dan didukung oleh yayasan dan komunitas terkait HIV/AIDS. Saya ingin membuktikan bahwa ODHA dapat bertahan dan melakukan aktivitas seperti biasa, bahkan mengelilingi Indonesia dengan jalan kaki,” tuturnya pemuda yanng telah divonis HIV positif sejak 2011 lalu.

Keinginannya ini didukung oleh Yayasan Pelita Ilmu, Komisi Penanggulangan Aids Nasional (KPAN), dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI),

Pemuda yang juga telah mengalami berbagai cobaan hidup hingga diskriminasi yang dialami oleh berbagai pihak, termasuk para petugas kesehatan itu berpesan, agar para mahasiswa yang kelak menjadi petugas kesehatan tidak diskriminasi pada ODHA.

“Jadilah petugas kesehatan yang suportif. Kalian lebih tau standar keamanan menangani pasien, jadi jangan pernah mendiskriminasikan kami para ODHA.” pesannya kepada ratusan peserta Obrolan Inspiratif Bersama Cah Gareng dengan tajuk “Langkah Kaki, Jelajah Negeri, Cegah Penularan HIV” di Udinus, Rabo (15/12).

Acara yang diadakan oleh fakultas kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ini diadakan dengan maksud salah satunya mencegah penyebaran penyakit yang menjadi momok bagi umat manusia, yakni HIV AIDS. Saling berbagi pengalaman dengan ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) merupakan cara yang dirasa paling ampuh demi mencegah penularan penyakit ini.

“Kami ingin membuka wawasan mahasiswa dengan mendatangkan ODHA. Acara hasil kerja bareng antara FKes Udinus dengan IAKMI ini semoga makin memberikan motivasi para mahasiswa bergaya hidup sehat dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan terjangkit HIV/AIDS,” tutur Eti Rahmawati, M.Kes selaku Sekretadi Dekan FKes Udinus.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top