Tingkatkan Budaya Lokal, Mahasiswa KKN Pengakuan Bantu Promosikan Kesenian Barongan Anak

Dok. Pribadi

Semarang, EDUKASIA.ID - Mahasiswa KKN Mandiri Pengakuan UIN Walisongo bantu promosikan kesenian barongan anak Desa Jatirogo, Bonang, Demak.

Anak-anak yang biasanya sebagai penonton, mulai menggeluti kesenian barongan sejak pandemi. 

"Awalnya karna sekolah online, jadi bosen, terus coba main barongan sama teman-teman dan ternyata ada yang tertarik untuk menyewa," ungkap Ardi Dimas (12), salah satu seniman barongan cilik Selasa, (12/7/2022).

Ardi menambahkan, pembelian peralatan seni barongan yang dinamai Putro Alas Turonggo ini berasal dari iuran bersama. 

"Awalnya iuran masing-masing 50 Ribu. Selain itu, kalau disewa untuk hajatan 50% uangnya ditabung untuk beli perlengkapan dan seragam baru," tambahnya.

Dimas mengaku, dirinya dibantu oleh orangtua serta remaja setempat untuk mengelola keuangan dan mengatur jadwal ketika ada job.

"Saya sebagai orangtua hanya bisa mendukung dan membantu sebisanya. Seperti menjahitkan seragam untuk digunakan anak-anak saat diundang untuk hajatan," tutur Ropik (47). 

Ropik menjelaskan, tak hanya dirinya yang turut membantu. Agung, salah seorang pemuda setempat juga turut membantu mengatur dan mengkoordinir jadwal serta keuangan anak-anak seni barongan Putro Alas Turonggo.

Seni Barongan anak Desa Jatirogo biasa ditampilkan pada saat acara hajatan atau sunatan warga setempat. Selain itu penampilan barongan juga ditampilkan di Bumdes Rowo Tanjung Jatirogo pada saat akhir pekan.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top