Manfaatkan Potensi SDM, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Sosialisasi Budidaya Lele 

Dok. Pribadi


Semarang, EDUKASIA.ID - Manfaatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM), Mahasiswa  KKN  Posko 21 UIN Walisongo gandeng Dinas Perikanan gelar sosialisasi budidaya ikan lele di Kelurahan Gebangsari.

Siti Aminatus Mahmudah selaku koordinator kelurahan menjelaskan, sosialisasi budidaya lele sebagai upaya mewujudkan tema KKN Reguler tahun ini yakni, memberdayakan masyarakat.

“Kelurahan Gebangsari sangat berpotensi menjadi tempat budidaya ikan Lele, hanya perlu memberdayakan SDM yang ada. Sekaligus sebagai implementasi tema KKN," Jelasnya, Jumat (14/10/2022).

Dirinya menambahkan, ada beberapa alasan budidaya Lele dinilai berpotensi besar untuk dikembangkan di wilayah Gebangsari.

“Ada beberapa alasan mengapa kami menilai Lele memiliki potensi yang besar. Pertama karena Lele mudah dibudidayakan. Kedua, karena banyaknya rumah mangkrak di Gebangsari yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat budidaya Lele, ” Tambahnya

Senada dengan apa yang disampaikan Siti, Indri Setyorini menyampaikan ada beberapa keunggulan budidaya Lele.

“Budidaya Lele memiliki beberapa keunggulan. Seperti pasar yang luas, baik secara kesehatan karena tinggi protein, dan proses budidaya tidak memakan banyak tempat, ” Terangnya.

Pengadaan sosialisasi ini disambut baik oleh Kepala Kelurahan Gebangsari, Gunarto.

“Terimakasih adik-adik sudah mengadakan sosialisasi budidaya lele ini karena memang di daerah Gebangsari, khususnya RW 1 dan RW 5 berpotensi untuk dilakukan budidaya Lele, ” Ungkap Gunarto.

Selain itu Riko, anggota kelompok tani ikan "Ulam Berkah Genuk Indah" berharap, sosialisasi tersebut dapat menjadi tolak ukur budidaya ikan lele menjadi lebih baik.

“Acaranya cukup baik, akhirnya warga mengetahui, khususnya kelompok tani gimana caranya untuk budidaya Lele yang lebih baik dan berkualitas. Semoga kedepannya dapat menjadi tolok ukur untuk lebih meningkatkan kualitas," Pungkasnya.


(Siti/Awal)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top