Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Sosialisasi Parenting

 

dok. pribadi

Semarang, EDUKASIA.ID - KKN UIN Walisongo posko 24 gelar sosialisasi parenting dengan tema "Anakku Sahabatku". Kegiatan tersebut dihadiri oleh ibu-ibu perangkat desa dan kelompok PKK setempat, dilaksanakan di balai kelurahan Trimulyo, Genuk, Kota Semarang.

Ahmad Komar, Koordinator KKN Posko 24 menyebutkan, sosialisasi parenting dirasa penting untuk memberikan pengarahan pada orangtua tentang pola asuh yang baik bagi anak.

“Sosialisasi parenting ini sangat penting karena dilihat dari karakter anak-anak yang semakin terkikis akibat pola asuh yang tidak tepat. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberi pengarahan para orang tua agar memperhatikan pola asuh yang di terapkan” Jelas Ahmad, Kamis (6/10/2022).

Ahmad menambahkan, anak-anak saat ini lebih mudah memberikan kepercayaan kepada teman daripada orang tuanya akibat pola asuh saat yang kurang tepat. Sosialisasi dinilai penting untuk memberikan pengetahuan kepada para orang tua.

"Pola asuh orang tua yang kurang tepat dapat dilihat ketika anak lebih percaya berbagi cerita kepada teman daripada orang tuanya sendiri, sehingga sosialisasi parenting dianggap penting diberikan kepada orang tua," Tambahnya.

Narasumber acara, Ulfi Imran basuki menyampaikan materi terkait “Pola asuh anak dan remaja yang membentuk anak sebagai sahabat dalam keluarga”. Dalam materinya, Ulfi menyampaikan bahwa era modern saat ini tidak mudah untuk menjadi sahabat bagi anak, maka dari itu jadilah orang tua yang bijak dengan memperbaiki komunikasi.

"Jadilah orang tua yang bijak dengan mau memulai komunikasi dengan anak, tidak menghakimi anak secara langsung jika anak berbuat salah dan memberikan nasehat dengan bahasa yang baik," Terang Ulfi.

Lebih lanjut, Ulfi menjelaskan perkunya menciptakan suasana yang nyaman di dalam rumah agar anak merasa aman dan nyaman saat bersama orang tuanya. 

"Ciptakan suasana yang nyaman bagi anak, sehingga anak dapat menganggap rumah adalah tempat pulang yang cocok bagi mereka," Pungkasnya.


(Najikha/Awal) 

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top