Jalin Kebersamaan, BI Jateng Gelar Gathering UMKM

Dok. pribadi


Yogyakarta, EDUKASIA.ID - Sejumlah Pengusaha dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah(UMKM) di Jawa Tengah, hadiri gathering yang digelar Bank Indonesia provinsi Jawa Tengah.

Analis Senior Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Maya Indriatika turut membuka acara yang berlangsung sejak 14-16 Desember di Grand Inna Malioboro hotel Yogyakarta. Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia serta Motivator Jamil Azzaini (Kubik Leadership) hadir sebagai pemateri dalam acara gathering kali ini. 

"kegiatan ini sebagai bentuk evaluasi merajut kebersamaan, kekompakan, dan mempererat silaturahmi di kalangan pegiat UMKM Propinsi Jawa Tengah. Karena apabila usaha tidak mengutamakan jejaring akan sangat terbatas dari segi pemasarannya," Terang Maya dalam sambutannya, Kamis (15/12/2022). 

Maya menambahkan, pegiat UMKM perlu mengikuti pameran maupun expo di tingkat lokal maupun nasional. Selain sebagai sarana memperkenalkan produk, juga sebagai pangsa pasar untuk menampung hasil-hasil UMKM.

Tak hanya itu, pihaknya turut mendorong pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan momentum yang ada demi tercapainya tujuan dan mempermudah proses pemasarannya.

"Kemajuan teknologi seharusnya dapat dijadikan batu loncatan bagi para pelaku UMKM, manfaatkan momentum yang ada untuk mencapai tujuan. Selain itu, perkembangan teknologi juga harus dimanfaatkan untuk mempermudah proses pemasaran produk," Tambahnya.

Maya menjelaskan, pemanfaatan teknologi akan memacu kreasi dan meningkatkan SDM pelaku UMKM. Selain itu juga dapat tercipta daya saing yang baik. 

“Pemasaran di era digitalisasi ini adalah upaya dan solusi yang tepat. Kalau sudah begini, tentu akan menciptakan daya saing yang baik dan mampu memacu pelaku UMKM untuk terus berkreasi serta berinovasi memasarkan hasil olahannya,” Pungkasnya.


buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top