Gandeng BRIN, UIN SATU Berkomitmen Tingkatkan Kolaborasi Riset

Penandatanganan perjanjian kerjasama oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN SATU dengan Kepala Pusat Riset Mikrobiologi Terapan, 

Tulungagung. EDUKASIA.ID - Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan
Badan Riset dan Inovasi Daerah Tulungagung berkomitmen meningkatkan kolaborasi riset.

Komitmen itu ditandai penandatanganan perjanjian kerjasama oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN SATU dengan Kepala Pusat Riset Mikrobiologi Terapan, di kampus UIN SATU, Senin (4/12/2023).

Selanjutnya, masing-masing pihak-pihak tersebut melakukan koordinasi dan kerjasama riset yang berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 4 hingga 6 Desember 2023.

Kerjasama ini menjadi permulaan dari kolaborasi kelembagaan antara UIN SATU Tulungagung dengan BRIN, diharapkan menjadi tonggak bersejarah dalam mengembangkan kapasitas peneliti di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Dalam sambutannya, Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I., menekankan pentingnya bagi dosen dan sivitas akademika UIN SATU Tulungagung untuk mengarahkan upaya penelitian ke kawasan Selingkar Wilis atau yang disebut sebagai Kawasan Tunggal Rogo Mandiri. Area penelitian bisa difokuskan khususnya pada daerah sekitar Gunung Wilis.

"UIN SATU menjawab tantangan pengembangan kawasan Selingkar Liwis. Kedepan, hasil penelitian UIN SATU dapat diaplikasikan ke masyarakat," pesan Rektor.

Pesan tersebut diiringi dengan penekanan pada prinsip sustainabilitas, inklusifitas, dan partnership, sebagai landasan utama dalam pengembangan riset.

Rektor juga menyambut baik kehadiran tim periset dari BRIN dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Tulungagung. Prof. Abd. Aziz mendorong kerjasama lintas lembaga untuk mendukung pengembangan riset di daerah ini.

Hal ini menjadi bukti komitmen bersama dalam memajukan riset yang berbasis lokal dan berdampak positif bagi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, UIN SATU menghadirkan tim periset dari BRIN, di antaranya Dr. Ahmad Fathoni, M.Eng. (Kapus Riset Mikrobiologi Terapan), Iman Hidayat, Ph.D. (Kepala Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan), Prof. Dr. M. Alie Humaedi, M.Ag., M.Hum. (Kepala Pusat Riset Kesejahteraan Sosial, Desa, dan Konektivitas), dan Prof. Ahmad Najib Burhani, Ph.D. (Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora).

Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN SATU ini diikuti oleh perwakilan dari kedua lembaga dan dosen UIN SATU Tulungagung untuk memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif kolaborasi ini.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top