Puncak Perayaan Ultah, Komunitas Public Relation UIN Walisongo Gelar Karya

 Puncak peringatan ulang tahun pertama WPRC di Theater Gedung FSH UIN Walisongo, Kamis (7/11/2023). Foto ist.

Semarang. EDUKASIA.ID - Komunitas yang menjadi wadah belajar dan berkarya tentang Public Relations di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Walisongo Public Relations Community (WPRC) menggelar puncak acara ulang tahun pertamanya di Theater Gedung FSH UIN Walisongo, Kamis (7/11/2023).

Sebanyak 72 peserta komunitas mahasiswa Konsentrasi Public Relations KPI FDK tersebut menonton Gelar Karya Film Kampanye Public Relation, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima EDUKASIA.ID.

Beberapa film pendek karya bertemakan tentang Kampanye PR diantaranya berjudul "Kita Sama". Juga film pendek kolaborasi Walisongo Halal Center dan Flixzone Ent yang berjudul " Halal Kah?".

Ada juga film " Kemanusiaan," menyampaikan pesan moderasi beragama, dan film " Yang Penting Suka Dulu," menyampaikan pesan mendaur literasi.

Pada kesempatan yang sama juga digelar Seminar dengan Pemateri dalam Muhammad Chanif Miftahudin yang merupakan Kabag Humas dan Media RSI Unisula dan Heni Indrayani,M.I.Kom. Dosen Public Relations Udinus.

Kegiatan tersebut juga merupakan luaran dari Mata Kuliah Komunikasi dan Kampanye Public Relations yang diampu oleh Alifa Nur Fitri,M.I.Kom. dengan bersinergi dengan berbagai lembaga di UIN Walisongo seperti Walisongo Halal Center dan Kupi Corner.

Selain itu juga kampanye tentang Isu disekitar mahasiswa seperti kesehatan mental, isu lingkungan dan kesehatan serta isu pendidikan.

Acara diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Jurusan KPI UIN Walisongo yaitu H.M.Alfandi, M.Ag didampingi oleh Pembina WPRC Alifa Nur Fitri,M.I.Kom. dan Ketua WPRC yaitu Farhan.

Ketua Jurusan KPI FDK UIN Walisongo H.M.Alfandi menyampaikan apresiasinya terhadap WPRC, peminatnya konsentrasi PR meningkat.

"Meskipun konsentrasi PR baru tahun kedua, namun peminatnya meningkat. Kita perlu membuat distingsi yg berbeda yg membedakan PR di UIN Walisongo dibanding lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Farhan Siddiq selaku Ketua WPRC menyampaikan komitmen WPRC untuk berkontribusi seperti Taglinenya "WPRC, Membangun Relasi, Perkuat Reputasi".

Heni Indrayani dalam presentasinya menyampaikan pentingnya perencanaan dan evaluasi dalam pelaksanaan Kampanye PR

" Tahapan Kampanye diawali dengan perencanaan, penentuan tujuan dan objective dengan SMART. Penyusunan pesan dalam kampanye dan Membuat Key message yang tepat dan disesuaikan dengan segmentnya," ungkapnya.

Disampaikan pula pentingnya juga menggunakan PESO Strategi dalam menentukan media yang akan digunakan serta storytelling dalam kampanye PR.

Narasumber lain, Muhammad Chanif Miftahudin menyampaikan pengalamannya selama menjadi humas.

"Peran PR mulai dari strategi media sosial seperti mengelola media sosial, penelitian dan analisis serta handling complain. Selain itu Membangun relasi dengan Komunikasi efektif, networking, kolaborasi dan kerjasama dan kejujuran serta konsistensi," ungkapnya.

Dalam memperkuat reputasi, PR harus memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menjalin hubungan dengan media, pemanfaatan media sosial, serta umpan balik dan evaluasi dan mempertahankan kualitas dan konsistensi.

Sebelumnya diselenggarakan kegiatan Seminar kesehatan, Seminar dan Tour Kebudayaan, Seminar Kesetaraan Gender dan Seminar Walisongo Gerak Resik dan WeEsku.Puncak acara diisi dengan Gelar Karya Film Kampanye Public Relations dilanjutkan dengan Seminar Public Relations dengan pemateri.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top