AICIS 2024 akan Kupas 328 Paper Terpilih




Internatioal Conference on Islamic Studies (AICIS) 2024. Foto ist

Jakarta. EDUKASIA.ID - Sebanyak kurang lebih 2.000 paper dari penulis berbagai negara telah tercatat untuk diseleksi sebagai peserta dalam Annual Internatioal Conference on Islamic Studies (AICIS) ke 23.

AICIS kali ini akan berlangsung di UIN Walisongo Semarang, 1 - 4 Februari 2024. Kegiatan tersebut mengangkat tema ‘Redefining The Roles of Religion in Addressing Human Crisis: Encountering Peace, Justice, and Human Rights Issues’. Bersamaan itu, ada tujuh sub tema yang akan didiskusikan oleh para akademisi kajian keislaman, dalam dan luar negeri.

M. Ali Ramdhani, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, mengungkapkan bahwa tema AICIS 2024 dipilih sebagai tanggapan terhadap krisis kemanusiaan global yang baru-baru ini terjadi di beberapa wilayah dunia, seperti di Timur Tengah dan Ukraina.

“Tema AICIS kali ini sangat menarik karena mengangkat tema tentang meredefinisi peran agama dalam krisis kemanusiaan global. Pemikiran dan paparan hasil-hasil penelitian para akademisi, baik dari dalam maupun luar negeri, diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi peradaban dunia yang lebih baik," jelas M Ali Ramdhani di Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Ahmad Zainul Hamdi, Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, memberikan apresiasi terhadap jumlah yang signifikan dari makalah yang telah diserahkan kepada panitia untuk mengikuti acara tahunan Kementerian Agama ini.

"Meski dilaksanakan di awal tahun, penyelenggaraan AICIS 2024 mendapat respon yang luar biasa dari publik. Sebanyak 1.957 paper yang masuk ke panitia berasal dari 11 (sebelas) negara Afghanistan, Armenia, Egypt, Indonesia, Iraq, Malaysia, Morocco, Nigeria, Pakistan, dan Sri Lanka. Ini rekor sepanjang penyelenggaraan AICIS,” jelasnya.

Wakil Rektor 1 UIN Walisogo yang juga Ketua Steering Committe AICIS 2024, M. Mukhsin Jamil  menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan seleksi ketat terhadap ribuan paper yang masuk, dengan tujuan untuk memastikan kualitas dan kecocokannya untuk dibahas dalam acara internasional tersebut.

“Dari 1.957 paper yang masuk, terpilih 328 artikel. SC (steering committee) bersama Editor in Cief Jurnal bereputasi internasional terindeks Scopus telah menyeleksi secara ketat dan professional," tutupnya.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, Thobib Al Asyhar, sebagai PIC panitia pusat menambahkan bahwa terdapat tiga kelompok diskusi pembahasan yang akan meramaikan AICIS 2024, yaitu: Invited Panel (80 paper), Open Panel (100), dan Extended Panel (148).

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top