Siapkan Skill dan Regenerasi, UKMPGC UNUGIRI Gelar Penerimaan Anggota Baru

 

SALAM-Semangat bersama pembina, ketua, pengurus dan anggota baru UKM Penalaran dan Penulisan Griya Cendekia UNUGIRI di Gedung Fakultas Tabiyah Lt. 3, Rabu (10/1/24). (foto.ukmpgc)

Bojonegoro.EDUKASIA.ID-Untuk membentuk keterampilan (skill) dan menyiapkan generasi dibidang penalaran dan kepenulisan, Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Penulisan Griya Cendekia (UKMPGC) UNUGIRI gelar kegiatan Penerimaan Anggota Baru (PAB) di Gedung Fakultas Tabiyah Lt. 3, Rabu (10/1/24).

Kegiatan PAB UKMPGC tersebut mengusung tema “Mencetak Generasi Muda Indonesia yang Berani Berkarya, Kreatif, Inovatif dan Produktif”.

Pembina UKMPGC UNUGIRI, Usman Roin, M.Pd., kala sambutan menyampaikan tiga hal penting kepada seluruh peserta. 

Pertama, bila kegiatan PAB adalah kesempatan berpartisipasi aktif mahasiswa belajar berorganisasi dalam UKM penalaran dan penulisan. Terlebih, kita semua era sekarang dituntut memiliki skill

"Ini kesempatan untuk kalian semua belajar, yang sudah atau belum memiliki skill ikut partisipasi aktif mengikuti kegiatan-kegiatan UKMPGC,” tuturnya. 

Kedua lanjutnya, PAB ini bagian dari wadah mengembangkan kemampuan diri, yang tidak datang begitu saja menjadi peribadi cinta menulis.  Karenanya, UKMPGC ini sarana tepat untuk berproses mengembangkan skill diri seluruh anggota agar optimal. 

Skill diri itu tidak datang tiba-tiba, tetapi butuh proses step by step. Ibarat air yang dituang di botol, itu bisa penuh karena diisi sedikit demi sedikit secara terus menerus,” jelasnya. 

Ketiga, PAB ini bagian dari mempersiapkan leadership untuk regenerasi UKMPGC. Hal ini dikarenakan, semua anggota baru akan menjadi penerus UKM kedepannya.

Di akhir sambutan, beliau berharap kepada pengurus dan anggota baru bisa menjadi tokoh inspiratif dalam bidang menulis. 

“Harapan saya, teman-teman semua bisa jadi inspirator kepada sesama dibidang kepenulisan,” pintanya. 

Semantara itu, M. Ainun Najib, selaku Ketua Umum UKMPGC, dalam kesempatan PAB menyambut anggota baru dengan terlebih dahulu mengucapkan selamat datang. Ia juga menandaskan agar UKM ini bisa dijadikan rumah sendiri. 

Ahlan wasahlan bikhudzurikum, di UKMPGC. Kami sangat senang atas bergabungnya teman-teman semuanya. Anggaplah UKM ini sebagai rumah kita sendiri,” ungkapnya. 

Najib, juga meminat ke peserta untuk menjadikan UKMPGC sebagai tempat belajar bersama yang fokus terhadap penalaran dan penulisan fiksi maupun non fiksi. Tujuannya, agar anggota baru memiliki skill yang mumpuni dibidang itu. 

Selain itu, Najib, juga menuturkan, bila kegiatan PAB sendiri adalah gerbang utama menjadi anggota UKMPGC yang terdata untuk kemudian diakui secara resmi sebagai anggota. 

“PAB ini gerbang pintu utama teman-teman menjadi anggota yang sah,” pungkasnya.

Sementara Ketua PAB, Dewi Luluk Hanifah, melaporkan bila PAB tahun ini lebih dari 60 peserta dari berbagai Prodi UNUGIRI. Karenanya, dirinya bersyukur seraya mengucap hamdalah serta terima kasih kepada pembina, jajaran panitia dan seluruh peserta yang hadir. 

Luluk, panggilan akrab mahasiswi Prodi PAI semester 3, juga meminta maaf kepada seluruh pihak, bilamana masih ada kekurangan dalam penyelenggaraan. Ia tidak lupa berpesan kepada peserta, untuk mengikuti seluruh rangkain kegiatan awal hingga akhir dengan sungguh-sungguh. 

"Terima kasih atas kerjasama semua pihak, ikutilah PAB ini sungguh-sungguh,” pesannya. 

Kegiatan PAB UKMPGC sendiri diisi oleh tiga pemateri. Ada “Sejarah berdirinya UKMPGC serta strategi menjadi mahasiswa berprestasi” oleh Ana Nur Fitria, S.Pd., kemudian “Literasi dasar dan literasi digital” oleh Dosen Prodi PAI, Pramesti Wulandari, M.Pd., serta “Leadership” oleh Wahyu Jayanam dari BEM UNUGIRI. 

PAB UKMPGC 2024 sendiri, dimulai pukul 08.00-17.00 Wib. Diawali pembukaan, penyampaian materi, perkenalan pengurus dan ditutup dengan pemberian hadiah kepada lima peserta terbaik. (adel/man)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top