Buka AICIS 2024 di UIN Walisongo, Wamenag Singgung Konflik Palestina

Opening ceremony AICIS 2024. Foto: ist

Semarang. EDUKASIA.ID - Gelaran the 23rd Annual International Conference on Islamic Studies AICIS 2024 resmi dibuka di Meeting Hall Kampus 3 UIN Walisongo Semarang, Kamis (01/02/2024).

Acara yang diselenggarakan hasil kerjasama antara Kementerian Agama RI dengan UIN Walisongo tersebut mengangkat tema “Redefining The Roles of Religion in Addressing Human Crisis: Encountering Peace, Justice, and Human Rights Issues” ini berlangsung mulai tanggal 1-4 Februari 2024.

Wakil Menteri Agama RI Syaiful Rahmat Dasuki hadir dan membuka langsung acara tersebut dalam sambutannya menyinggung terkait konflik Palestina, juga beberapa negara lain.

"Konflik kemanusiaan yang terjadi seperti di Palestina, Ukraina, Rohingnya merupakan masalah serius yang dihadapi dunia," ujarnya.

Wamenag juga menyinggung peran dari akademisi dalam konflik kemanusiaan, yang disebut sebagai jalan tengah.

 "Pengambilan kontribusi yang melibatkan dari jalur akademis merupakan jalan tengah dalam mengurangi krisis kemanusiaan yang telah terjadi saat ini," imbuhnya.

Sementara itu, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. M Ali Ramdani mengatakan AICIS dilaksanakan sebagai wadah bagi cendekiawan, scholars, pakar, dan akademisi untuk dapat berdiskusi secara intensif.

"Tidak hanya berdasar dari logika akademik namun juga berangkat dari kasus-kasus global secara nyata yang membutuhkan solusi dari kita sebagai solusi bersama," ungkapnya.

Ali Ramdani menyampaikan ucapan terimakasih kepada sivitas akademika UIN Walisongo yang telah berkontribusi besar dalam pelaksanaan AICIS 2024.

                                                Opening ceremony AICIS 2024. Foto: ist

Selain konferensi, AICIS 2024 juga menyelenggarakan beberapa forum seperti Plenary Session, ASEAN Religious Leaders Summit, Parallel Session, On stage discussion dan juga recomendation.

Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa pejabat kementerian Agama RI, Rektor PTKIN seluruh Indonesia dan juga tamu undangan yang lainnya.

Pembukaan acara tersebut dimulai dengan pertunjukan karawitan yang dimainkan oleh kumpulan dosen-dosen UIN Walisongo Semarang, tari khas Semarang dan juga lantunan lagu perdamaian yang dinyanyikan langsung oleh Hj. Muthoharoh vocalist Grup Qasidah Nasida Ria.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top