Masuk Usia 20 Tahun? Siapkan 7 Hal Berikut

pixabay.com/StockSnap

Penulis: Hanum Ulfiatus Sufiyah (Volunteer Journalist), Mahasiswa UIN Walisongo Semarang.

EDUKASIA.ID
- Umur dua puluh tahun dianggap sebagai peralihan dari masa remaja dan memasuki masa dewasa. Dengan banyaknya tantangan dan tugas baru, fase ini mungkin tampak menakutkan. 

Hal ini wajar karena pada fase ini kita diminta untuk menjadi lebih mandiri dan lebih bijak dalam menjalani kehidupan kita.

Namun, menjadi takut atau cemas saat menjadi dewasa tidak akan membantu karena tidak akan menghentikan waktu. Terus mengambil tanggung jawab dan menghadapi kesulitan dapat menjadi pengalaman pembelajaran yang berharga yang dapat membantu Anda berkembang sebagai individu.

Sangat penting untuk membangun pola pikir proaktif dan membekali diri dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan, daripada takut akan hal yang tidak diketahui.

Oleh karena itu, ini dia 7 hal yang harus anda ketahui untuk memasuki usia 20 tahun

1. Semakin dewasa, semakin mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa


Yang paling utama bagi yang akan berumur 20 tahun adalah mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa atas segalanya dan semakin memantapkan iman kepercayaan kamu.

Jangan hiraukan omongan orang yang mengatakan hal buruk. Tutup telinga dan abaikan. Justru mendekatkan kepada Sang Pencipta akan membuat semakin merasa tenang dalam menjalani kehidupan kedepannya.

2. Fokus pada tujuan hidupmu


Di usia remaja, kita masih sering terbawa arus dan trend. Apa yang dilakukan banyak orang, kita juga ingin melakukannya. Namun, di fase dewasa kita harus belajar fokus pada tujuan hidup kita.

Apa yang ingin kita capai dan wujudkan. Hal ini tentu akan membuat proses dan perjalanan orang berbeda-beda. Oleh karena itu, fokus pada tujuan tanpa membandingkan proses dengan siapapun. Selama berada di jalan yang benar, maka akan sampai.

3. Menghargai waktu sebaik-baiknya


Mungkin ketika masih anak-anak atau remaja, waktu bukanlah suatu yang penting. Namun, Anda harus merubah pola pikir itu.
Di usia 20 tahun, kita harus bisa lebih menghargai waktu sebaik-baiknya. Terutama ketika sudah memasuki dunia perkuliahan dan pekerjaan yang menuntut untuk selalu tepat waktu.

Jangan biarkan waktu luang dengan melakukan hal yang sia-sia. Banyak sekali hal baru diluar sana yang perlu anda coba.

4. Berperilaku baik dan jujur


Semakin dewasa sudah selayaknya kita memperbaiki sikap, baik terhadap orang lain maupun diri sendiri. Berperilaku baik dan jujur adalah sesuatu yang harus dibiasakan karena kedua hal ini yang akan membantu dalam kehidupan di masyarakat nantinya.

Selain itu juga mampu menghargai orang lain. Tidak hanya orang yang lebih tua saja, orang yang seumuran dan lebih muda pun sepatutnya harus dihargai. Perlakuan sesederhana menghargai orang lain menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang dewasa.

5. Menjaga penampilan


Semakin dewasa terkadang seseorang menjadi semakin tidak peduli terhadap penampilannya. Hal ini disebabkan karena banyaknya beban pikiran dan pekerjaan. Namun ternyata, penampilan yang baik juga mencerminkan seberapa dewasa anda.

Berpenampilan elegan dan menawan akan membantu anda dalam kehidupan nantinya. Memang penampilan bukan segalanya, namun penilaian pertama akan jatuh pada penampilan anda, penampilan yang baik akan membantu orang lain ingin lebih mengenal anda.

6. Bijak dalam berpikir dan berbicara


Ketika masih remaja, mungkin kita tidak terlalu berpikir dan berbicara yang baik dan bijak.Namun,  pemikiran itu harus diubah. Di usia 20 tahun, Anda harus dewasa dalam berpikir serta mengeluarkan kata-kata. Jangan sampai Anda dicap masih kanak-kanak karena ketidakacuhan pada dua hal penting ini.

5. Selektif dalam pertemanan maupun percintaan


Yang terakhir, Anda harus selektif dan pintar-pintar dalam memilih teman maupun pasangan. Sudah bukan zamannya teman palsu ataupun cinta tanpa komitmen. Di usia 20 tahun, Anda harus bisa dewasa dalam menentukan dengan siapa Anda berteman dan siapa yang akan menjadi pasangan Anda.

Sebelum umur 20 tahun, mari pelajari ketujuh hal diatas supaya kualitas diri kita lebih baik!

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top