6 Cabang Ilmu Sains dan Penjelasannya

(Ilustrasi ilmu sans cabang kimia. Foto Freepik)

Penulis: Ma'rifah Nugraha

Semarang. EDUKASIA.ID - Sains merupakan salah satu bidang ilmu yang cukup populer bahkan ada di mana-mana.

Bukan rahasia umum lagi bahwa sains memainkan peran penting dalam kehidupan dan alam semesta.

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sains merupakan pengetahuan sistematis tentang alam dan fisik, termasuk di dalamnya yakni, botani, fisika, kima, zoologi, geologi dan sebagainya.

Terdapat cukup banyak cabang ilmu sains yang ada di dunia ini. Setiap ilmu sains mempelajari hal yang berbeda-beda.

Berikut adalah 6 cabang ilmu sains dan penjelasannya yang dirangkum Edukasia.id dari Buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP kelas VII terbitan Kemendikbudristek (2021):

1. Biologi

Biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup, perkembangannya, dan interaksinya. 

Cabang-cabang biologi meliputi zoologi adalah ilmu tentang binatang, botani ilmu tentang tumbuhan, entomologi ilmu tentang serangga, dan mikrobiologi ilmu tentang makhluk hidup yang sangat kecil dan hanya bisa terlihat dengan bantuan mikroskop.

2. Fisika

Fisika adalah ilmu tentang gejala dan fenomena alam dan sifat benda-benda di sekitar kita. Fisika meliputi pula tentang perpindahan dan energi. 

Cabang fisika meliputi mekanika adalah ilmu tentang gerak benda, elektronika ilmu tentang arus listrik dan magnet, dan optika geometris tentang alat-alat optik.

3. Kimia

Kimia adalah ilmu tentang berbagai hal mengenai materi. Membahas tentang materi tersebut terbuat dari apa, sifat dan perubahan dalam suatu reaksi kimia. 

Cabang ilmu kimia meliputi farmasi yaitu ilmu tentang obat-obatan, radiokimia tentang zat-zat radioaktif, kimia organik tentang bahan-bahan kimia yang ada pada makhluk hidup, serta kimia anorganik tentang bahan kimia dalam benda-benda.

4. Geologi 

Geologi adalah ilmu mengenai bumi dan perubahannya. Ilmu bumi berkaitan dengan aspek fisik bumi, seperti pembentukan, struktur, dan fenomena terkait. 

Beberapa cabang ilmu geologi antara lain, vulkanologi yaitu ilmu tentang gunung berapi, seismologi yaitu ilmu tentang gempa bumi, dan palentologi yaitu ilmu tentang fosil yang dapat membantu kita mengetahui umur suatu tempat dan kebudayaan zaman itu.

5. Astronomi

Astronomi adalah ilmu tentang planet, bintang dan alam semesta. Semua benda langit dipelajari dalam astronomi. Misalnya matahari, terjadinya gerhana, komet, dan asteroid.

6. Ekologi

Ekologi adalah ilmu tentang interaksi atau hubungan timbal balik balik antara makhluk hidup dengan lingkungan di sekitarnya. 

Ilmu ini membahas tentang berbagai masalah lingkungan. Misalnya polusi udara, tanah, dan air, serta efek perubahan iklim dan kepunahan hewan tertentu.

Demikianlah 6 cabang ilmu sains dan penjelasannya, semoga bermanfaat!

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top