Sering Menunda Pekerjaan? Coba 5 Cara ini Agar Terhindar Prostokrasi

Ilustrasi suka menunda pekerjaan (pixabay)

Penulis: Hanum Ulfiatus Sufiyah

EDUKASIA.ID - Banyak diantara kita yang pernah menunda pekerjaan, sebagian menyertakan alasan mengapa menunda tugas tersebut misalkan mengerjakan hal lain yang lebih menjadi prioritas. Namun, banyak juga yang sengaja menunda karena malas, bisa jadi itu adalah gejaka prostokrasi.

Prokrastinasi dalam bahasa inggris Procrastination merupakan sebuah kebiasaan bermalas-malasan dan sering menunda-nunda pekerjaan.

Kebiasaan sering menunda ini memiliki banyak dampak seperti stres, rasa bersalah dan krisis, serta kehilangan produktivitas pribadi. Meski dianggap wajar sampai batas tertentu tetapi dapat menjadi masalah jika melewatinya. Prokrastinasi kronis dapat menjadi tanda gangguan psikologis.

Lalu, bagaimana cara agar kita terhindar dari kebiasaan menunda pekerjaan. Ini dia 5 cara atasi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

1. Niat yang Kuat

Niat yang kuat adalah elemen kunci dalam mencapai kesuksesan dan mencapai tujuan. Niat yang kuat mencerminkan tekad dan keinginan yang mendalam untuk mencapai sesuatu.

Jika sudah memiliki niat yang kuat untuk mengatasi prokrastinasi, maka langkah selanjutnya akan lebih efisien. Niat kuat ini akan timbul jika kita menentukan tujuan yang jelas mengapa kita perlu mengatasi prokrastinasi.

2. Buat Daftar Rencana Kegiatan dalam Sehari

Salah satu cara efektif untuk mengatasi prokrastinasi adalah dengan membuat daftar rencana kegiatan harian. Dengan memiliki jadwal yang terstruktur, seseorang dapat lebih fokus, terorganisir, dan meningkatkan efisiensi waktu.

Sebelum membuat daftar kegiatan harian, tentukan tujuan utama yang ingin dicapai. Identifikasi tugas-tugas yang perlu diselesaikan. Prioritaskan tugas berdasarkan urgensi dan pentingnya.

Tetapkan juga batasan waktu yang realistis untuk setiap tugas, dan berkomitmen untuk menyelesaikannya dalam jangka waktu tersebut.

3. Bagi Pekerjaan Menjadi Langkah-Langkah Kecil

Membagi pekerjaan menjadi beberapa bagian merupakan strategi efektif untuk meningkatkan keteraturan dan mengatasi rasa terbebani. Fokuslah pada satu tugas dalam satu waktu, hindari melakukan multitasking.

Langkah yang paling penting adalah fokus pada eksekusi rencana dengan disiplin dan konsisten. Fleksibilitas adalah kunci dalam menghadapi perubahan dan kendala yang muncul. Anda dapat mencapai tujuan akhir dengan lebih efisien dan mengurangi tekanan

4.  Jauhkan Distraksi

Dalam usaha untuk meningkatkan fokus dan menghindari distraksi, Anda dapat menetapkan tempat kerja khusus yang bebas gangguan dari oranglain. Pisahkan tempat kerja dengan area yang biasa digunakan untuk bersantai.

Selanjutnya, matikan notifikasi ponsel, tablet, laptop dan perangkat lain. Gunakan aplikasi penyekat distraksi yang dapat memblokir situs atau aplikasi yang cenderung menganggu fokus. Gunakan teknik pomodoro untuk menghindari burn out.

5. Buat Suasana Senyaman Mungkin

Lingkungan yang berbeda memiliki dampak yang berbeda pada produktivitas. Lihatlah meja kerja dan kamar. Apakah membuat Anda ingin bekerja atau justru membuat ingin meringkuk dan tidur? Jika jawabannya yang terakhir, Anda harus mengubah ruang kerja. Misalnya, jika tidak dapat bekerja di tempat umum karena pergerakan dan kebisingan yang konstan, carilah tempat yang tenang untuk duduk dan fokus. 

Selain itu, berikan pencahayaan yang terang untuk menghindari rasa kantuk, putar musik yang menenangkan atau sesuai preferensi Anda serta jangan lupa sediakan camilan dan minuman favorit yang dapat dinikmati saat istirahat.

Itu dia 5 cara yang bisa anda terapkan untuk mengatasi prokrastinasi. Setelah melakukannya, jangan lupa untuk memberi waktu istirahat pada diri-sendiri. Jangan sampai usaha mencegah prokrastinasi malah menyebabkan toxic producivity. 

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top