Wuih, Magelang Akan Jadi Tuan Rumah Olimpiade Astronomi Internasional 2015

Rabo, 6 Mei 2015  |  Abe Ziyad - SemarangEdu
 Logo IOA (Foto: dok.Kemdikbud)

Sekaran-  IOAA 2015 Sebanyak 45 negara peserta dari beberapa negara akan ikut serta dalam International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA), September 2015. Kegiatan yang akan digelar di Magelang ini melibatkan negara-negara di kawasan Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Negara-negara tersebut berada di kawasan Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Indonesia akan mengirimkan sebanyak dua tim, terdiri dari sepuluh siswa SMA/MA terbaik hasil seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2014 lalu.

Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah IOAA/ Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemendikbud, Achmad Jazidie, gelaran tersebut pada tahun 2008 di Bandung, Jawa Barat.

Penyelenggaran IOAA kali ini, Kemendikbud bekerja sama dengan Departemen Astronomi ITB. “Dukungan dari universitas dan lembaga lain sangat membantu dunia pendidikan semakin berkualitas,” tutur Jazidie pada pembukaanInternational Science Project Olympiad (ISPRO) di Kantor Kemendikbud, Senin (4/05/2015).

Indonesia sendiri akan mengirimkan dua tim, terdiri dari sepuluh siswa SMA/MApemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2014 lalu. Delegasi Indonesia ini telah diberi pembinaan dan pelatihan nasional sejak tahun 2014. Pembinaan melibatkan para dosen dan peneliti dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, LIPI, dan lembaga lainnya.

Lbih lanjut Dirjen Dikmen berharap, ajang kompetisi yang diikuti anak-anak Indonesia menjadi wahana penting untuk menempa karakter siswa Indonesia yang selain cerdas, tetapi juga ulet, tangguh, menghargai prestasi, penuh persahabatan, dan cinta tanah air. “Kita berharap anak-anak Indonesia dapat lebih berprestasi dari sebelumnya,” pungkasnya.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top