Mengenal Harpitnas Yang Jatuh Pada Hari Ini

Istilah Hari Kejepit Nasional (Harpitnas) sudah populer di kalangan guru dan siswa, selain itu di dunia kerja istilah ini juga tidak asing lagi. Lantas apakah Harpitnas itu? Apakah benar-benar ada atau hanya istilah saja?
Harpitnas sebenarnya merupakan istilah plesetan saja untuk menyebut hari kecepit atau hari kejepit.
Hari kejepit yaitu hari kerja yang berada diantara dua hari libur, misalnya hari ini Senin, sedangkan besok (selasa) ditetapkan sebagai hari libur imlek, maka hari senin yang diapit oleh hari libur yaitu hari minggu kemarin dan hari selasa besok inilah yang disebut sebagai hari kejepit.

Lantas kenapa ada kata nasionalnya, apakah ada hubungannya dengan libur-libur nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah?
Sebenarnya tidak ada hubungan antara harpitnas dengan hari-hari libur nasional, karena memang tidak ada ketetapan resmi dari pemerintah.
Tambahan kata nasional ditambahkan setelah kata hari kejepit adalah tidak resmi atau berasal dari mulut ke mulut, mengingat pada beberapa hari-hari besar biasanya diakhiri dengan kata nasional, seperti Harkitnas atau hari kebangkitan nasional.

Bagaimana sekolah, guru dan siswa menyikapinya?

Karena tidak remi maka sekolah atau madrasah tidak dapat menjadikan harpitnas sebagai pedoman hari libur, demikian juga bagi guru dan siswa.

Lebih baik melihat ke kalender akademik (kaldik) masing-masing lembaga dan kalender resmi dengan ketetapan libur resmi dari pemerintah.

Editor : Moh. Miftahul Arief
Pixy Newspaper 11

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top