Inkaana Bersyukur, Kuliah di Belanda Gratis

Inkaaana baru saja selesaikan kuliah program student exchange di Belanda. (Foto: ist)
Semarang. EDUKASIA.ID - Inkaana Bi Haqi, mahasiswi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang ini baru saja menyelesaikan student exchange di Rotterdam University Applied Sciences (RUAS) Belanda.

Selama di Belanda, Mahasiswi Fakultas Teknik tersebut menyebutnya semuanya telah dibiayai oleh Erasmus 

“Alhamdulillah untuk biayanya dibiayai dari beasiswa Erasmus. Selama ini Unissula khususnya Fakultas Teknik sudah menjalin kerjasama internasional yang sangat baik dengan universitas-universitas di berbagai negara sehingga lebih memudahkan dalam proses student exchange,” ujarnya pada laman Unissula, dilihat Minggu (20/3/2022).

Inkaana yang berada di Belanda 6 bulan tersebut menceritakan awal mula ia dapat mengikuti program internasional ini. 

“Waktu itu saya masih SMA dan ketika melihat brosur Unissula saya tertarik dengan fasilitas Unissula yang bisa memfasilitasi mahasiswanya student exchange ke luar negeri oleh karenanya saya sejak awal sudah merencanakan untuk bisa mengikuti program tersebut dan alhamdulillah kesempatan itu bisa saya raih,” tambahnya.

Dirinya bukan satu-satunya mahasiswa Unissula yang kuliah di RUAS Belanda, karena saat ini ada Natasha Adelia Z, juga dari Teknik Sipil Unissula sedang mengikuti program serupa per Februari 2022 hingga enam bulan ke depan.

Selain mengirim mahasiswa ke luar negeri, Unissula juga menjadi pilihan favorit mahasiswa asing kuliah di Unissula. Pada tahun 2021, tercatat sebanyak 148 masiswa asing terdaftar di izin belajar Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang ada di Unissula.

Ratusan mahasiswa asing tersebut berasal dari sejumlah negara Filipina, Malaysia, Thailand dan Bangladesh (Asia), Belanda (Eropa), dan Libya (Afrika). Sementara untuk Januari sampai dengan Febuari 2022 ini, telah tercatat 78 mahasiswa asing yang mengikuti program belajar pendek di Unissula.

Sumber : Portal Unissula
Editor : Moh. Miftahul Arief

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top