Rohis SMAN 1 Demak Gelar Arwah Jama'


Demak- EDUKASIA.ID - Dalam rangka menghidupkan tradisi leluhur untuk kirim doa kepada ahli kubur, Rohani Islam (Rohis) SMAN 1 Demak mengadakan kegiatan Arwah Jama’, Senin (28/3/2022)

Kegiatan yang diadakan di Mushola Sekolah dan diikuti oleh Pengurus Rohis sekolah setempat, dimulai pukul 09.00 dan selesai pada jam 11.00 WIB. 

Kepala Sekolah melalui Pembina Rohis Choerul Rozak, S.Pd.I, M.Pd menjelaskan kegiatan Arwah Jama’ adalah kegiatan berkirim doa kepada ahli kubur yang dilakukan secara kolektif.  

Panitia membacakan nama-nama ahli kuburnya dan selesai membaca dilanjutkan dengan pembacaan Alqur’an 30 juz. Dan diakhiri dengan tahlil dan doa bersama. Semua itu di hadiahkan kepada ahli kubur.

“Kegiatan ini memang sudah berjalan ditahun kedua ini, sebelumnya belum ada kegiatan serupa disekolah ini dan mudah-mudahan kegiatan dalam rangka nguri-nguri tradisi masyarakat Demak khususnya bisa istiqomah dan ini juga bagian dari Pendidikan karakter anak.” ungkap Choerul Rozak.

Antusiasme warga SMAN 1 Demak itu luar biasa, terbukti banyak yang mengirimkan nama-nama arwah yang dikirimkannya kepanitia.



Untuk pembacaan Arwah Jama’nya dibacakan oleh Pembina Rohis Choerul Rozak, Adapun untuk pembacaan Alqur’an dibaca oleh Pengurus Rohis 30 anak sehingga satu anak mendapatkan jatah 1 juz.

 Bsgi yang tidak mendapatkan giliran membaca, anak memanfaatkan dengan berdzikir sembari menunggu selesainya bacaan alqur’an tersebut.

“Ditengah perubahan yang luar biasa, perlu kira sekolah tetap menanamkan nilai-nilai dan tradisi yang harus diterus dikembangkan kepada para peserta didik. Sehingga Ketika ada perubahan dalam secanggih apapun, kearifan lokal mestinya harus kita jaga.” imbuh guru PAI yang juga Ketua PC Pergunu Kabupaten Demak itu. 

Kontributor: Choirul Rozak

Editor: Abe Azzahrowi

Pixy Newspaper 11

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top