Unik, Para Profesor di UNS Tanam Aneka Pohon Langka

 
Sejumlah Profesor di UNS tanam pohon langka di lingkungan UNS. (foto: ist)

Solo. EDUKASIA.ID - Sebanyak 12 guru besar di UNS melakukan penanaman pohon langka di kompleks Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) LPPM (Universitas Sebelas Maret) UNS, Kamis (10/3/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka menyemarakkan Dies Natalis ke-46 UNS. Ketua Dewan Profesor UNS yakni Prof. Drs. Suranto Tjiptowibisono, M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya berpesan agar pohon yang telah ditanam agar dirawat setelahnya.

“Tolong pohon yang sudah ditanam untuk ditengok. Kalau pohon tumbuh subur, maka ilmu pengetahuan Bapak Ibu juga tumbuh subur. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat mewarnai webmatrix yang ada di UNS. Kegiatan ini juga turut mendukung green campus yang ada di UNS,” terang Prof. Suranto.

Prof. Jamal mengatakan bahwa pohon langka yang ditanam harus dapat memberikan manfaat kepada semua pihak, pun dengan adanya keberadaan guru besar di UNS.

Sementara itu, Rektor UNS,  Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. mengatakan bahwa pohon langka yang ditanam harus dapat memberikan manfaat kepada semua pihak, pun dengan adanya keberadaan guru besar di UNS.

“Pohon langka itu harus bermanfaat semuanya. Keberadaan guru besar di UNS, saya harap juga demikian, karena guru besar termasuk orang-orang yang langka, maka yang langka harus diabadikan,” ujar Prof. Jamal.

Dirinya tidak ingin penanaman pohon langka oleh guru besar ini tidak hanya dijadikan seremoni saja tapi juga pengembangan UNS dalam UI Green Matric.

“Saya berharap penanaman pohon besar ini jangan hanya dijadikan seremoni saja. Kita berharap ini juga merupakan salah satu pengembangan UNS dalam UI Green Matric, di mana parameter-parameternya ada kebijakan yang berorientasi pada perkembangan lingkungan hidup yang lebih baik. Saya yakin penanaman pohon bukan hanya seremoni saja, namun benar-benar dipelihara,” sambungnya.

Pada kesempatan ini, setiap guru besar yang hadir menanam jenis pohon yang berbeda, seperti pohon duwet putih, manggis, sawo manilo, dan lain sebagainya. 

Sementara itu, sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jumat (11/3/2022) akan dihadiri juga oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden akan memberikan pengarahan dan meninjau dan meresmikan sejumlah fasilitas di UNS.

Sumber : Portal UNS dan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Editor : Moh. Miftahul Arief
Pixy Newspaper 11

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top