Mudahnya Menulis Descriptive Text dengan Mind Mapping

ilustrasi belajar bahasa inggris (foto: pixabay)

Penulis: Sulastri, S.Pd. * 

Pati. EDUKASIA.ID - Setiap Bahasa pasti mempunyai 4 keterampilan dasar. Keterampilan dasar ini juga sering dijadikan patokan dalam penilaian kemampuan berbahasa seseorang. Demikian juga dalam pelajaran Bahasa Inggris, menulis (writing) teks deskripsi adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa SMP kelas VII, selain keterampilan membaca (reading) dan mendengarkan (listening) dan berbicara (speaking).

Adapun pengertian descriptive text adalah teks yang bertujuan menjelaskan, menggambarkan, atau mendeskripsikan sesuatu. Sesuatu ini bentuknya bisa berupa apa saja, baik itu hewan, benda, lokasi, dan lain sebagainya. Biasanya descriptive text ditandai dengan penggunaan easy tense dan fokus pada satu objek secara spesifik. Objek tersebut kemudian dibahas kembali secara lebih detail dalam teks deskriptif tersebut. Unsur yang membangun teks deskripsi itu adalah noun (kata benda), Simple Present Tense, Action Verbs, Figurative Language.

Dalam Kurikulum 2013, teks deskripsi diajarkan di kelas VII  pada akhir semester genap dengan pertimbangan unsur-unsur yang membangun teks deskripsi sudah dipelajari di semester gasal dan awal semester genap. Namun dalam kenyataannya, saya pribadi sebagai guru bahasa Inggris sering menemukan masalah, yaitu siswa kelas VII SMP semester genap yang kita asumsikan sudah menguasai unsur-unsur pembangun teks deskripsi itu mengalami banyak kesulitan dalam menulis teks deskripsi. Hal ini dikarenakan siswa kesulitan memetakan unsur-unsur pembangun teks deskripsi tersebut untuk kemudian dijabarkan menjadi kalimat yang membentuk teks deskripsi.

Nah dengan menerapkan metode mind mapping ini, siswa dapat memetakan unsur unsur pembangun teks deskripsi yaitu Noun (kata benda), Simple Present Tense, Action Verbs, Figurative Language secara terorganisir karena mind mapping adalah salah satu metode belajar yang dirancang dengan cara memetakan informasi dalam bentuk grafis. Mind mapping dapat dipetakan menggunakan garis percabangan, gambar, maupun kata kunci yang saling berkaitan dengan konsep atau ide utamanya. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Tony Buzan. Jadi, mind mapping atau peta konsep sebagai alat berpikir organisasional yang akan membantu seseorang menempatkan informasi dalam otaknya kemudian mengambil informasi tersebut kapanpun ia membutuhkannya.

Mind Mapping akan membantu seseorang dalam berbagai hal seperti merencanakan, berkomunikasi, mengingat sesuatu dengan baik, membuat seseorang lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran, serta mempelajari segala sesuatu dengan lebih cepat dan efisien.

Nah, berikut adalah langkah langkah cara mudah menulis teks deskripsi Bahasa Inggris menggunakan metode mind mapping.

1. Pastikan peralatan sudah lengkap, misalnya kertas/papan tulis, spidol/bolpoin/pensil.

2. Tentukan tema mind map, misalnya “Describing Animal (Giraffe).

3. Pastikan untuk menempatkan tema besar ini di tengah-tengah kertas atau papan tulis.

4. Temukan hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol gambar, atau foto untuk ide sentra.

5. Selain gambar kamu juga dapat memanfaatkan penggunaan warna yang beragam.

6. Gunakan garis melengkung.

7. Dalam membuat mind mapping gunakan satu kata kunci untuk setiap garis.

8. Mulailah menulis  

Contoh teks deskriptif.

Giraffes are easy to identify with their long necks, skinny legs and distinctive spotted markings. They are the tallest mammals on earth. The approximate weight of giraffes is approximately 2,000 - 3,000 lbs for males; females weigh less than males. The approximate height is about 16 - 18 feet for males and about 14 - 16 feet for females.

Giraffes live in small groups in parts of Africa where food is adequate, south of the Saharan Desert. The habitat of giraffes is the open plains of the African savanna. Giraffes also live in the grassland or woodland where trees are present.  Giraffes prefer leaves from acacia trees. Acacia trees have thorns that keep most animals away; however, giraffes' long tongues can maneuver around the thorns to reach the leaves. They will also eat leaves of other trees, bark, and grass if necessary.

Female giraffes become sexually mature around 3 or 4 years old. The gestation or pregnancy period for a female giraffe is about 14 - 15 months. A female giraffe will give birth to a calf that stands about 6 feet tall and weighs approximately 150 lbs.

Demikian cara mudah menulis descriptive text dengan metode mind mapping. Jadi, siswa tidak perlu takut berlatih menulis.

* Penulis adalah Guru Bahasa Inggris SMP N 1 Tayu.

Editor : Abe Azzahrowi

Pixy Newspaper 11

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top