Mahasiswa KKN MMK Gizi UIN Walisongo Semarang Bantu Kegiatan Posyandu di Limbangan Kendal



Foto: ist
Kendal. EDUKASIA.ID. Dalam rangka pelayanan posyandu balita di RW 04 Desa Tamanrejo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, sejumlah mahasiswa KKN-MMK kelompok 5 UIN Walisongo Semarang turut serta membantu kegiatan tersebut.  

Koordinator KKN-MMK kelompok 5, Rosita menyebutkan kegiatan tersebut adalah membantu kader Posyandu setempat.

“Kegiatan ini dilakukan guna membantu kader posyandu agar proses pelayanan posyandu bisa berjalan lebih efektif,” jelas Rosita.

Menurutnya Posyandu mendata pengukuran antropometri pada balita guna mengetahui pertumbuhan dan perkembangan pada balita.

Kegiatan posyandu di RT 01 dilakukan rutin sebulan sekali pada hari Sabtu minggu pertama dan di RT 02 dilakukan rutin sebulan sekali pada hari Sabtu minggu kedua, dengan tingkat kehadiran sekitar 15-20 balita. 

Ketua kader pada masing-masing posyandu merespon positif bantuan dari mahasiswa KKN-MMK UIN Walisongo Semarang. Karena selama ini kegiatan posyandu kurang efektif karena kurangnya sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat.

Saat pelaksanaan, diawali dengan melakukan registrasi oleh wali, lalu balita ditimbang berat badannya, diukur tinggi badannya dan lingkar kepala. 

Berdasarkan data yang diperoleh dari posyandu diketahui bahwa terjadi penurunan dan peningkatan terhadap berat badan balita. Diakhir kegiatan posyandu balita diberikan PMT berupa kolak pisang, kue bolu dan buah pepaya.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top