Dorong Kemajuan UMKM, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Seminar Digital Marketing

Kegiatan seminar digital marketing di kelurahan Terboyo Wetan. Dok. Pribadi


Semarang, EDUKASIA.ID - Mahasiswa KKN Reguler posko 23 UIN Walisongo mengadakan seminar digital marketing bagi pemilik (UMKM) di Kelurahan Terboyo Wetan. Kegiatan diharapkan dapat mendorong kemajuan UMKM masyarakat sekitar.

Banyaknya UMKM masyarakat yang belum memiliki pengelolaan marketing mulai dari sambel goreng, catering, rajut dan kerajinan kantong belanja dari limbah plastik mendorong pelaksanaan seminar ini. 

Mengusung tema “Optimalisasi Peran Digital Marketing Guna Mendorong Kemajuan UMKM Masyarakat Terboyo Wetan", kegiatan ini turut mengundang pemantik dari brand designer sekaligus founder UMKM Berdikarya, Sulistya Adhi Nugraha..

Addi Ippe, sapaan akrab narasumber menjelaskan, ada 4 kunci dalam menjalani usaha yaitu sering dilihat (kreatif), terbaik, berbeda dan memberikan manfaat.

"Ada 4 kunci dalam menjalani usaha, yaitu produknya sering dilihat atau dibutuhkan, kualitas bagus, belum banyak ditemukan serta memberikan nilai manfaat," Jelas Addi, Jumat (28/10/2022).

Addi menambahkan, UMKM di Kelurahan Terboyo perlu memiliki pemahaman mengenai strategi pemasaran di e-commerce agar mampu bersaing dengan pemilik Usaha diluaran.

"Antusiasme warga saat pemberian materi membuat saya bersemangat pula, saya berharap materi pemasaran dapat memberikan dampak bagi pengembangan usaha mereka," Tambahnya.  

Munifa, salah satu peserta seminar turut berterimakasih kepada mahasiswa KKN yang telah memfasilitasi adanya pelatihan. Dirinya berharap materi yang diberikan mampu menjadi bekalnya dalam berusaha lebih lanjut.

“Terima kasih teman-teman KKN yang sudah memberikan kesempatan untuk kami belajar mengenai bagaimana cara mengembangkan bisnis. Materi yang disampaikan oleh narasumber mudah dipahami oleh orang awam seperti kami, dan pembawaannya yang asik sehingga kita tidak mudah bosan untuk memperhatikan,” Pungkas Munifa. 


(Posko 23/Awal).

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top