Kodim 0716/Demak Fasilitasi UMKM Unggulan Ikut Pameran Nasional

Dok. Ershad

Jakarta, EDUKASIA.ID - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dan jajarannya fasilitasi empat UMKM Binaan untuk melakukan promosi dan pemasaran produk pada kegiatan Bazar dan Workshop yang diselenggarakan Teritorial Mabes TNI AD bekerjasama dengan Kemenparekraf dan kemantrian koperasi UMKM.

Empat UMKM binaan Kodim 0716/Demak yang mengikuti pameran diantaranya, “Batik Natra  Collection” kerajinan batik asal meranggen Demak, “Eceng gondong” kerajinan tas Enceng gondong asal Wonosalam, “Zem Silver” kerajinan perak tembaga dan kuningan asal kebonagung dan "Jamu Coro" asal Demak Kota.

Workshop bertajuk "UMKM Kuat, Indonesia Bangkit" di kawasan Buperta Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim). Hal itu dilakukan, salah satunya mengikuti perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk mengantisipasi kerawanan pasca COVID-19.

"Sesuai dengan perintah Presiden Indonesia bahwa untuk mengantisipasi kerawanan pangan pasca COVID-19, beberapa langkah tadi yang saya lakukan. Salah satunya adalah masalah peningkatan UMKM, baik dari seluruh anggota yang ada. Termasuk warga yang ada di sekitar dengan memanfaatkan para pengusaha di sekitarnya," kata Jenderal Dudung di lokasi, Sabtu (29/10/2022).

Dirinya menambahkan, promosi UMKM yang dengan memanfaatkan media digital dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Sistemnya sekarang sudah tidak saja konvensional, tetapi sudah menggunakan digitalisasi. Sehingga memudahkan kepada para pelaku UMKM yang bisa meningkatkan usahanya," Tambahnya. 

Salah satu stand UMKM. Dok. Ershad

Selain itu, besar harapannya keberadaan UMKM tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat juga harus belajar untuk membuka usaha, sehingga kesejahteraan masyarakat akan semakin terjaga.

Komandan kodim 0716/Demak letkol czi P. Setya Pratomo menyampaikan, kegiatan ini merupakan sebagai bentuk komunikasi sosial antara TNI AD dgn para pelaku UMKM sebagai salah satu komponen bangsa. 

"Diharapkan melalui kegiatan ini TNI AD dpt berpartisipasi membantu pemerintah dlm memberdayakan UMKM sbg salah satu penopang utama perekonomian Indonesia. Ini sebagian kecil upaya nyata TNI AD bersama stakeholder lainnya dlm membantu Pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat," Pungkasnya.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top