Mengenal Ahmad Riziq, Mahasiswa Udinus Semarang Juara Catur Internasional

Ahmad Riziq, Mahasiswa Udinus Juara Catur Internasional. Foto Udinus.
Semarang. EDUKASIA.ID - Ahmad Riziq, Mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Manajemen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), telah menjuarai berbagai kompetisi catur, bahkan belum lama ini ia mampu menjadi meraih medali emas di ajang Asian Youth Chess Championship 2022.

Rating mahasiswa tersebut saat ini sekitar 2049 dan bertekad terus mengharumkan Indonesia di dunia catur internasional.

“Saat ini untuk rating yang saya miliki sekitar 2049 dan target ke depan bisa meraih gelar internasional kembali. Tentunya mengharumkan Indonesia dan khususnya Udinus di dunia catur internasional,” Ujar Ahmad dilansir dari laman Udinus, Rabo (25/1/2022)

Keberhasilan Ahmad menjadi juara berbagai ajang kompetisi catur dimulai hobinya sejak kecil, ia tahu olahraga yang mengandalkan strategi ini dari sang ayah.

“Awalnya melihat ayah main catur dengan temannya dan lama-lama saya tertarik untuk mendalaminya. Berbagai strategi catur saya pelajari dengan ayah,” jelas Ahmad.

Berbagai karakter pemain catur telah ia lawan, mulai dari pemain amatir hingga atlet nasional. Selama menekuni dunia catur, pertandingan melawan atlet pelatnas, Adi Sagita di salah satu Universitas Islam Negeri di Purwokerto menjadi pertandingan berkesan baginya. Saat pertandingan melawan Adi, ia sempat mengalami rasa tegang dan tidak tenang.

“Memang lawan yang berat juga, tapi dalam pertandingan itu saya terus meningkatkan kepercayaan diri dan akhirnya saya bisa menang melawannya. Pertandingan itu, tak pernah saya lupakan karena melawan atlet pelatnas,” ungkapnya.

Menurutnya, Mahasiswa kelahiran Tangerang 20 Juni 2004, catur menjadi olahraga yang menyenangkan dan tentunya memiliki berbagai manfaat. Manfaat yang ia rasakan dua di antaranya yaitu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Ahmad pun berharap berbagai prestasi dapat ia raih di tahun-tahun selanjutnya.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top