Cegah DBD, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Cek Jentik Nyamuk

Pemeriksaan jentik nyamuk di desa Bangunsari, kecamatan Patebon kabupaten Kendal. foto ist.

Kendal. EDUKASIA.ID - Sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Walisongo Semarang Posko 25 membantu pemeriksaan jentik nyamuk di desa Bangunsari, kecamatan Patebon kabupaten Kendal, belum lama ini.

Mereka melakukan pemeriksaan jentik nyamuk penyebab DBD tersebut didampingi para ibu PKK, menyusuri rumah-rumah warga setempat.Pemeriksaan dimulai dari pengecekan penampungan air, kebersihan lingkungan serta beberapa tempat lainnya yang berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk.

Ketua PKK setempat, Ika, menjelaskan bahwa pemeriksaan jentik nyamuk yang dilakukan merupakan langkah antisipasi terhadap kasus DBD, mengingat ditengah musim penghujan potensi perkembangbiakan nyamuk meningkat.

“Kita harus rajin-rajin membersihkan rumah dan lingkungan supaya bersih, upaya yang dilakukan dari kita ibu-ibu PKK yaitu mendatangi di tiap-tiap rumah warga dan memberikan obat bubuk larva,” jelasnya.

Sehingga, menurutnya pengecekan dan pencegahan dilakukan sedini mungkin. Selain pemeriksaan jentik, pihaknya juga melakukan edukasi pada warga.

“Masyarakat kita edukasi agar dapat membantu memberantas sarang nyamuk dengan menerapkan 3M Plus yaitu yakni menutup semua tampungan air atau sumber air, menguras bak mandi, dan mendaur ulang barang bekas," sambung Ika.

Plusnya, kata dia, untuk penggunaan bubuk larvasida dapat dilakukan dengan menaburkannya pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.

*Serial KKN UIN Walisongo kerjasama EDUKASIA.ID dengan PPM UIN Walisongo

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top