Dua Cara Cek NISN yang Mudah dan Cepat

Kolom pencarian identitas NISN. Foto: tangkapan layar.

Jakarta. EDUKASIA.ID - Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa yang unik dan berlaku sepanjang masa, dan penting untuk membedakan satu siswa dari siswa lainnya.

Sistem pengelolaan NISN secara nasional dilakukan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud, sebagai bagian dari program Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK dapat diakses secara terbuka melalui situs NISN.

Manfaat NISN sangat beragam, termasuk mengidentifikasi siswa secara konsisten di seluruh sekolah Indonesia, memberikan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online, dan mendukung berbagai program pendidikan seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, dan SNMPTN.

Berikut dua cara cek NISN yang mudah dan cepat, bisa dilakukan oleh siapa saja:

1. Cara Pertama: Cek NISN untuk Siswa yang telah diketahui nomor NISN Sebelumnya
- Kunjungi laman resmi https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
- Selanjutnya pada kolom yang tersedia di website tersebut silahkan masukkan NISN yang telah Anda ketahui sebelumnya dan nama ibu kandung.
- Centang captcha untuk memverifikasi anda bukan robot.
- Tekan tombol "Cari data" untuk memverifikasi kebenaran NISN atau mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai identitas siswa pemilik NISN tersebut.

2. Cara Kedua: Cek NISN untuk Siswa yang Belum Mengetahui Nomor NISN
- Kunjungi laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama
- Pada kolom yang tersedia di website tersebut, masukkan informasi identitas siswa pemilik NISN yang telah Anda ketahui, seperti Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu.
- Centang captcha untuk memverifikasi anda bukan robot.
- Setelah mengisi data tersebut, tekan tombol "Cari Data " untuk menemukan NISN siswa yang sesuai.

Dengan adanya dua cara cek NISN ini, diharapkan peserta didik dan pihak sekolah dapat dengan mudah mengakses informasi NISN yang akurat. Hal ini akan membantu dalam pengelolaan data pendidikan yang lebih efisien dan mendukung berbagai program pendidikan yang ada.

Jadi, jika Anda membutuhkan informasi mengenai NISN siswa, jangan ragu untuk menggunakan salah satu dari dua cara mudah dan cepat untuk cek NISN yang telah disediakan oleh Kemendikbud tersebut. Dengan ini, pemantauan dan pengelolaan data pendidikan dapat berjalan lebih lancar dan akurat.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top