Kemenag dan UI Serius Kembangkan Chatbot Qur’an, Seperti Apa?

Kunjungan LPMQ Kemenag ke kampus UI di Depok, Jumat (27/10/2023). Foto Kemenag.

Depok. EDUKASIA.ID - Lembaga Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kemenag RI dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI) bersinergi mengembangkan chatbot Al-Qur'an atau ChatQur'ani.

Pembahasan ChatQur'ani tersebut mencuat saat kunjungan LPMQ Kemenag ke kampus UI di Depok, Jumat (27/10/2023).

Tim LPMQ Kemenag yang dipimpin oleh Kepala LPMQ Kemenag H. Abdul Aziz Shidqi, hadir bersama ketua Tim IT LPMQ Zarkasi Afif, dan anggotanya disambut langsung oleh dekan Fakultas Ilmu Komputer UI, Prof. Petrus Mursanto, bersama sejumlah guru besar Ilmu Komputer TU.

Kepala LPMQ Kemenag, Abdul Aziz menjelaskan, salah satu program prioritas Kementerian Agama adalah Transformasi Digital, termasuk dalam pelayanan Kitab Suci Al-Qur'an.

Saat ini, LPMQ Kemenag telah mengembangkan sejumlah produk digital, baik dalam versi Android, iOS, website maupun In Word. Sejumlah produk ini disebut telah dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas.

LPMQ juga telah mengembangkan beberapa aplikasi yang berbasis artificial intelligence (AI). Misalnya, aplikasi tashih otomatis yang membantu proses pentashihan Mushaf Al-Qur'an dengan cepat dan tepat.

“Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama tentang pengetahuan dan kajian Al-Qur'an, LPMQ akan mengembangkan chatbot Al-Qur'an, di mana masyarakat bisa bertanya apa saja terkait Al-Qur'an. Menyadari keterbatasan sumber daya, LPMQ berharap bantuan dan dukungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia guna mewujudkannya,” jelas Abdul Aziz dilansir dari laman Kemenag.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI, Prof Mursanto juga menyambut baik kunjungan ini. Pihaknya membuka lebar proses kerja sama dua pihak untuk mengembangkan aplikasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Hadir dalam pertemuan tersebut beberapa guru besar Fakultas Ilmu Komputer UI, diantaranya Prof. Heru Suhartanto, Drs., M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom., Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Prof. Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom. Hadir juga Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom

Salah satu guru besar Fakultas Ilmu Komputer UI, Prof. Harry Budi Santoso menjelasakan, pertemuan ini merupakan kelanjutan dari serangkaian rapat yang telah dilakukan, baik secara daring maupun luring, termasuk saat Lokakarya Pengembangan Al-Qur'an Digital di Jakarta.


“Silaturahim ini wujud keseriusan kedua belah pihak untuk bekerja sama dalam khidmat Al-Qur'an dan pengembangan chatbot Al-Qur'an atau ChatQur'ani,” ujar Prof. Harry Budi Santoso.


Usai pertemuan, Tim LPMQ mendapat kesempatan mengunjungi laboratorium yang telah mengembangkan chatbot dan pengembangan aplikasi berbasis artificial intelligence.

Silaturahim ini diharapkan menjadi titik awal dari kerja sama kedua belah pihak untuk mengembangkan chat Al-Qur'an yang bermanfaat bagi umat dengan izin Allah.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top