Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan TBC Bagi Kader Posyandu Desa Delik

 

dok. pribadi

Kabupaten Semarang. EDUKASIA.ID - Dukung pencegahan Tuberkulosis, mahasiswa KKN UIN Walisongo posko 15 adakan sosialisasi terkait Pencegahan dan penanganan tuberkulosis bagi kader posyandu desa Delik, kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Pengisi acara, Meyshi menjelaskan bahwa sosialisasi dilaukan guna mengedukasi kader posyandu terkait upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran penyakit tuberkulosis.

"Dengan adanya sosialisasi ini, kader posyandu diharapkan melakukan aksi nyata terkait pencegahan pencegahan TBC di lingkungan sekitar," Jelas Meyshi, Tim Puskesmas Tuntang Rabu, (25/10/2023).

Meyshi menambahkan, selain materi terkait pencegahan tuberkulosis, kader posyandu juga diberikan cup pengambilan dahak untuk dijadikan sampel uji tes tuberkulosis pada masyarakat yang mengalami gangguan seperti batuk berdahak. 

Milkha, salah satu kader posyandu menambahkan bahwa setiap kader posyandu dibekali dua cup pengambilan dahak dan akan diberikan kepada setiap individu yang teridentifikasi batuk berdahak. 

"Sampel dahak dapat diambil pada pagi dan sore hari untuk dimasukan ke masing-masing cup. Selanjutnya dahak yang tersimpan akan dilaukan uji laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," Pungkasnya. 


(Posko 15/Editor)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top