Putus Pertumbuhan Stunting, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Dampingi Posyandu Desa Jombor Semarang


Dokumentasi Pelaksanaan Posyandu di Desa Jombor Semarang

Kabupaten Semarang. EDUKASIA.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Reguler 81 posko 17 mendampingi kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) lansia dan balita di Perum Candi Permai, Desa Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Minggu (12/11/2023).

Kegiatan posyandu tersebut berupa sosialisasi dan pengecekan stunting untuk balita serta pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, kemudian pengecekan tekanan darah pada lansia.

Kemudian, balita maupun lansia diberi makanan tambahan dan vitamin guna mendapatkan nutrisi tambahan.

"Tujuan dari kegiatan pengecekan kepada lansia dan balita adalah untuk memperbarui data kesehatan lansia dan balita di desa Jombor. Data tersebut bisa digunakan sebagai acuan untuk mendiagnosis anak mengalami stunting atau tidak,” ujar Kader Posyandu Desa Jombor, Nuri.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan posyandu penting untuk dilakukan.

"Kegiatan rutinan posyandu penting dilakukan guna memantau perkembangan lansia dan balita setempat,” tambahnya.

Pengurus posyandu, Endang mengatakan bahwa ia merasa senang mahasiswa KKN turut membantu dalam kegiatan posyandu.

"Kami juga senang, kegiatan posyandu disini bisa dibantu sama Mahasiswa KKN. Jadi anak-anak sama lansia disini yang ikut posyandu bisa banyak yang ikut,” ujar Endang.

---
Serial berita KKN UIN Walisongo kerjasama Edukasia.id dengan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) LP2M UIN Walisongo Semarang.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top