Siapkan Mahasiswa Mahir Liputan, HMP HES UNUGIRI adakan Kuliah Media

MENULIS-Para mahasiswi lakukan praktik menulis berita melalui notes gadget masing-masing dikegiatan Kuliah Media yang selenggarakan oleh HMP HES Fakultas Syariah dan Adab UNUGIRI, di Lt. 3 Gedung FIK, Minggu (26/11/23). (foto.man)

Bojonegoro. EDUKASIA.ID-Guna menyiapkan mahasiswa cakap meliput kegiatan prodi serta terampil bidang desain, Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HMP HES) Fakultas Syariah dan Adab UNUGIRI menyelenggarakan Kuliah Media di Lt.3 Gedung FIK, Minggu (26/11/23).

Kegiatan bertema “Mengeksplorasi Keterampilan, Kreatifitas Desain Grafis dan Reporter Guna Menjawab Tantangan Era Digital” tersebut selain menghadirkan narasumber Usman Roin, selaku kontributor media online edukasia.id serta Dosen Prodi PAI UNUGIRI, juga mengundang Moch. Abdul Aziz yang merupakan graphic designer.

Kala memberi sambutan, Anisa Baiti Qoiriah selaku Ketua Panitia berterima kasih kepada mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan. 

Ia juga menyampaikan, bila peserta Kuliah Media yang hadir lebih dari 60 mahasiswa HES dari semester 1 hingga 5. 

“Data absen, 61 mahasiswa HES dari semester 1 hingga 5 ikut acara,” ucapnya. 

Ketua HMP HES Dian Rahmawati, menyampaikan bila kegiatan Kuliah Media yang yang diselenggarakan untuk membekali dan menyiapkan keterampilan mahasiswa lomba bidang desain dan jurnalis. 

Terlebih, pasca kegiatan tersebut peserta diwajibkan mengikuti perlombaan yang rencana akan dilaksanakan oleh Prodi HES.

“Setelah Kuliah Media ini, akan diadakan lomba desain dan reporter yang wajib diikuti oleh mahasiswa Prodi HES,” ungkapnya.

Sementara, Kaprodi HES UNUGIRI Eko Arief Cahyono, meminta kepada mahasiswa HES yang hadir, menyiapkan keterampilan desain dan liputan yang keperuntukannya untuk media kampus utamanya Prodi.

 “Melalui kegiatan ini, saya minta kalian siapkan keterampilan untuk media kampus khususnya HES,” pintanya.

Usman Roin, selaku narasumber selain memaparkan riset terkini jumlah media di Indonesia yang sudah terverifikasi oleh Dewan Pers, juga menunjukkan kepada mahasiswa cara mudah jadi jurnalis kampus. 

Bagi Usman, untuk jurnalis pemula cara meliput berita yang utama adalah dengan melakukan identifikasi rumus 5 W+1H (what, when, where, who, dan why serta how) dengan fakta kegiatan yang terjadi.

Selanjutnya, identifikasi fakta kegiatan sebagaimana rumus 5 W+1H tersebut disusun secara deskriptif. Adapun berita yang telah jadi, dikasih foto kegiatan lengkap dengan keterangan (caption) untuk kemudian dipublis di media.

“Tiga cara sederhana ini saya jelaskan dan dipraktikkan peserta,” terangnya.

Salah satu peserta Ratna Tri Oktaviani Sari, mahasiswi HES semester 1 merasa senang ikut Kuliah Media yang diselenggarakan HMP HES. Baginya, kegiatan tersebut membekali dirinya praktik langsung meliput kegiatan yang sedang terjadi. 

Apalagi, dirinya sudah lama ingin mengetik berita lewat notes di gadget. Hanya saja, belum mengetahui caranya. 

“Sudah lama ingin bisa ngetik gini, tetapi belum tahu caranya,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Meysa Afriska Dewi, mahasiswi HES semester 1. Rasa senang ia sampaikan karena telah memperoleh ilmu baru tentang menulis berita. 

Baginya, ilmu tersebut bermanfaat sekali dengan hobi menulis yang tengah digeluti. Bahkan, ia semakin yakin bisa mengembangkan minat di dunia tulis menulis.

“Saya semakin yakin dan berusaha mengembangkan kemampuan dan minat menulis,” imbuhnya. (man)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top