Ini Tiga Kandungan Berbahaya dalam Rokok yang Perlu Diketahui

Dalam sebatang rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya yang disebut dapat menyebabkan berbagai penyakit. Foto Pixabay.

Penulis: Ma'rifah Nugraha (Volunteer Journalist, Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Walisongo)

Semarang. EDUKASIA.ID - Rokok adalah salah satu produk konsumsi yang paling populer di dunia. Namun, di balik popularitasnya, rokok juga merupakan salah satu produk yang paling berbahaya bagi kesehatan.

Produk konsumsi ini disebut berbahaya mengingat rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, stroke, dan penyakit pernapasan.

Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) VIII yang diterbitkan Kemendikbudristek 2021, bahwa dalam satu kali hisapan rokok terdapat sekitar 4.000 zat kimia berbahaya.

Apa saja zat kimia berbahaya yang terdapat dalam rokok? Berikut penjelasan kandungan zat kimia berbahaya yang ada dalam rokok berdasarkan buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) VIII yang diterbitkan Kemendikbudristek 2021.

1. Tar

Zat kimia berbahaya dalam rokok yang pertama adalah Tar, yaitu zat kimia berwarna hitam sedikit lengket ketika rokok dibakar.

Ketika seseorang menghirup asap rokok, Tar akan menempel pada silia yang terdapat pada trakea, bronkus, dan jalur pernapasan. Tar membuat silia menggumpal yang menyebabkan tidak dapat berfungsi untuk menyaring berbagai zat berbahaya bagi paru-paru.

Selain itu, tar juga disebut mengandung bahan yang dapat mengakibatkan terjadinya penyakit kanker.

2. Karbon monoksida

Karbon monoksida merupakan gas yang sangat berbahaya, zat kimia berbahaya ini terkandung pada rokok.

Gas Karbon monoksida mampu mengikat diri ke hemoglobin dan mengambil sebagian tempat oksigen, lalu turut dalam proses peredaran darah. Sehingga, jumlah oksigen yang diantarkan darah ke seluruh tubuh menjadi berkurang.

Perlu diketahui, bahwa semakin banyak rokok yang dikonsumsi semakin banyak pula karbon monoksida di dalam darah.

3. Nikotin

Zat kimia berbahaya selanjutnya adalah Nikotin, yaitu zat yang bersifat stimulan atau meningkatkan kinerja suatu organ.

Zat nikotin membuat kinerja jantung berdetak lebih kencang. Selain itu, nikotin juga meningkatkan tekanan darah. Semakin banyak nikotin yang dikonsumsi, semakin sulit pula seseorang untuk berhenti merokok.

Itulah beberapa penjelasan mengenai zat berbahaya rokok yang mengancam kesehatan tubuh. Sebagai bentuk menyayangi diri sendiri, menghindari merokok adalah cara terbaik. 

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top