Inilah 3 Keutamaan Bulan Rajab yang Harus Kamu Tahu

Bulan Rajab memiliki banyak keutamaan yang dapat diraih oleh umat muslim. Foto Pixabay.

Penulis: Fahita Safiraturahman (Volunteer Journalist, Mahasiswa IPB

Semarang. EDUKASIA.ID – Sebagai salah satu dari empat bulan haram dalam kalender Hijriyah, bulan Rajab memiliki banyak keutamaan yang dapat diraih oleh umat muslim.

Pada bulan yang dimuliakan ini, umat muslim sangat dianjurkan untuk melakukan amal soleh dan turut serta berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khoirot) untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT.

Allah SWT. berfirman mengenai bulan haram dalam QS. At-Taubah: 36

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ .

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa." QS. At-Taubah: 36

Untuk menyambut bulan Rajab, sebagai umat muslim tentunya tidak boleh ketinggalan untuk mengetahui berbagai nikmat dan keutamaan yang diberikan oleh Allah kepada umat Rasulullah SAW. berikut EDUKASIA.ID merangkumkan 3 keutamaan bulan Rajab:
 

1. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda dan Keistimewaan di Surga


Dilansir dari Jatim.nu.or.id, bahwasannya dalam Hadist Riwayat Imam ibn al-Jauzi, orang yang menghiasi malam-malam pada bulan rajab dengan beribadah dan melakukan amal soleh, serta melakukan puasa akan mendapatkan keistimewaan di surga.

Allah akan memberikan makanan berupa buah-buahan surga, pakaian hijau surga dan akan diberikan wewangian yang sempurna.

Berpuasa pada bulan rajab ini sangatlah dianjurkan karena keutamaannya dan pahala yang besar. 

Hal ini dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin, “Barang siapa yang berpuasa selama tiga hari dalam bulan haram, hari jumat, dan hari sabtu, maka Allah balas setiap satu harinya dengan pahala sebesar ibadah 900 tahun.”

2. Bulan Dibukanya Pintu Taubat dan Ampunan


Bulan Rajab menjadi bulan yang Istimewa bagi umat muslim karena Allah akan menerima taubat dan mengampuni dosa-dosa hambanya. Mengutip dari laman Detikjateng, diambil dari Hadits Riwayat Abu Muhammad al-Khalali, Ibnu Abbas menyebutkan bahwa puasa di awal Rajab dapat menghapus dosa (kafarat) selama tiga tahun, di hari kedua menjadi kafarat selama dua tahun dan di hari ketiga menjadi kafarat selama satu tahun. 

Kemudian di setiap hari sesudah itu menjadi kafarat selama satu bulan.

3. Merupakan Waktu yang Mustajab Untuk Berdoa


Malam pertama pada bulan Rajab merupakan salah satu dari 5 malam yang disebutkan merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa agar dikabulkan. 

Hal ini disebutkan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm yang menjelaskan bahwasanya dahulu pernah dikatakan, sesungguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adha, malam hari raya Idul Fitri, malam pertama bulan Rajab dan malam nisfu Sya’ban.

Itulah 3 keutamaan bulan Rajab yang perlu diketahui. Semoga senantiasa dapat berkah.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top