Gandeng Polres, MIN 1 Kebumen Gelar Sosialisasi Anti Bullying


Deklarasi Anti Bullying MIN 1 Kebumen. Foto: ist.

Kebumen. EDUKASIA.ID - MIN 1 Kebumen mengambil langkah serius dalam mencegah maraknya kasus perundungan atau bullying di lingkungan pendidikan akhir-akhir ini, dengan menyelenggarakan sosialisasi dan deklarasi anti bullying. Sabtu (27/02/2024).

Sosialisasi yang berlangsung selama tiga hari (27-29/02/2024) ini, menjadi upaya serius untuk membahas berbagai aspek terkait perilaku bullying. Selain itu, deklarasi ini juga sebagai upaya memperkuat komitmen lembaga pendidikan yang ramah anak dan bebas dari perundungan yang merugikan orang lain.

Fokus utama acara ini adalah memberikan pemahaman kepada siswa tentang bahaya, sanksi, dan efek negatif dari bullying, serta diberikan juga edukasi mengenai bahaya narkoba sejak dini.

Kasat Binmas Polres Kebumen, AKP Joyo Suharto, yang mewakili Kapolres Kebumen, menyampaikan urgensi kesadaran terhadap risiko dan dampak negatif yang dialami oleh pelaku, saksi, dan korban bullying.

"Kami berharap, kepada siswa terutama, agar lebih dapat memahami antar temannya untuk mencegah terjadinya praktik perundungan atau bullying di Sekolah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Sukarno, yang juga membuka secara resmi acara deklarasi tersebut menyatakan bahwa madrasah harus menjadi tempat aman dan nyaman bagi siswa.

"Semoga tidak ada kasus-kasus bullying seperti dalam televisi yang terjadi di madrasah, sehingga madrasah fokus pada pembentukan karakter dan prestasi siswa," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial Kabupaten Kebumen, Marlina Indrianingrum. Ia menyampaikan, keterlibatan siswa, guru, dan juga orang tua sangat berpengaruh terhadap pembentukan perilaku karakter siswa.

"Wali murid dan guru juga harus bisa bekerjasama secara kooperatif dalam pencegahan bullying terhadap siswa maupun guru". tambahnya.

Sosialisasi dan deklarasi tersebut diikuti oleh seluruh siswa dan wali murid MIN 1 Kebumen. Selain itu, dihadiri juga oleh Polres Kebumen, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Kabid P3A Dinsos Kabupaten Kebumen, Pengawas Madrasah Ibtidaiyyah, Kepala Desa Gemesekti, dan Ketua Komite MIN 1 Kebumen.

Dengan adanya kegiatan ini, MIN 1 Kebumen berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman, berfokus pada pembentukan karakter, dan mencegah praktik bullying di sekolah.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top