Selalu Sibuk? Ini 5 Cara Sisihkan Waktu untuk Membaca


Ilustrasi Membaca Buku. Foto: Pinterest

Penulis : Fitri Arifah (Volunteer Journalist), Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

EDUKASIA.ID – Membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun dengan berbagai kegiatan yang begitu padat, sebagian bagi kita mungkin merasa sulit untuk menyisihkan waktu untuk membaca.

Membaca memiliki berbagai manfaat yang penting bagi pertembuhan dan perkembangan pribadi. Selain itu, dengan membaca dapat membuka pintu ke dunia pengetahuan yang kaya serta meningkatkan kualitas hidup.

Lalu, bagaimana cara menyisihkan waktu untuk membaca? Berikut cara menyempatkan diri untuk membaca:

1. Rencanakan Bacaanmu

Dengan membuat list daftar bacaan, Anda akan memiliki tujuan konkret tentang apa yang ingin kamu baca sehingga akan lebih mudah untuk memotivasi diri.

2. Tentukan Waktu Tetap Setiap Hari

Anda dapat memulai dengan mengevaluasi jadwal harianmu dan menentukan waktu yang paling cocok untuk digunakan membaca. Pilihlah waktu yang tidak mengganggu kegiatan lain dan berkomitmenlah untuk memprioritaskan membaca pada waktu tersebut.

3. Memanfaatkan Waktu Tunggu

Bawalah buku atau e-reader kemana pun kamu pergi. Manfaatkan waktu menunggu atau waktu senggang untuk membaca. Anda dapat membaca buku ketika sedang dalam antrean, perjalanan menggunakan transportasi umum, maupun saat sedang menunggu teman di kafe.

4. Buat Area Membaca yang Nyaman

Area yang nyaman dapat membuat Anda betah berlama-lama membaca. Oleh karena itu, pilihlah sebuah sudut yang tenang dan terbebas dari gangguan agar dapat membaca dengan nyaman.

5. Kurangi Paparan Media Sosial

Paparan yang berlebihan terhadap media sosial dapat menghambat untuk menyisihkan waktu untuk membaca. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengurangi dan membatasi penggunaan media sosial.

Ulasan di atas merupakan beberapa cara yang dapat Anda coba untuk dapat menyisihkan waktu untuk membaca.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top