Langkah Permainan Tebak Tokoh dalam Pembelajaran bahasa Arab

Redaksi
0
Ilustrasi Bahasa Arab. Foto Pixabay

Belajar Bahasa Arab tayang setiap Senin, kerjasama EDUKASIA.ID dengan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) FITK UIN Walisongo Semarang. Ingin bertanya? silahkan kirim melalui Whatsapp: 085640418181

Pertanyaan :
Kak, saya pernah mendengar ada permainan “Tebak Tokoh”. Bagaimana langkah-langkah penerapannya dalam pembelajaran bahasa Arab? Terimakasih responnya… (Aisyah)

Jawaban :
Permainan “Tebak Tokoh” (شَخْصِيَّة مَجْهُولَة) dalam pembelajaran bahasa Arab adalah permainan interaktif yang mendorong siswa berpikir kritis, melatih keterampilan bertanya dan menjawab dalam bahasa Arab secara alami, serta memperkuat kosakata.

🎯 Tujuan Permainan:

  • Melatih keterampilan berbicara (muhādatsah)
  • Memahami kalimat tanya dan jawaban sederhana
  • Memperluas kosakata tentang profesi, hobi, deskripsi diri, dll.

📝 Langkah-langkah Penerapan Permainan “Tebak Tokoh”


✅ 1. Persiapan oleh Guru:

  • Siapkan daftar tokoh (bisa tokoh nyata atau fiktif): Misalnya:
Gus Dur (Presiden ke-4 RI, tokoh NU) – غُس دُور (رَئِيسُ إِنْدُونِيسِيَا الرَّابِع، زَعِيمٌ دِينِيّ),
Megawati Soekarnoputri (Presiden ke-5 RI) – مِيغَوَاتِي سُوكَارْنُوبُوتْرِي (رَئِيسَةُ إِنْدُونِيسِيَا الْخَامِسَة),
Ridwan Kamil (Tokoh politik, mantan gubernur) – رِضْوَان كَامِل (سِيَاسِيٌّ، وَالٍ سَابِق),
Najwa Shihab (Jurnalis, pembawa acara) – نَجْوَى شِهَاب (صَحَفِيَّةٌ، مُقَدِّمَةُ بَرَامِج),
Iko Uwais (Aktor laga) – إِيكُو أُوَيْس (مُمَثِّلُ أَفْلَامٍ قِتَالِيَّة),
Lesti Kejora (Penyanyi dangdut) – لِسْتِي كِجُورَا (مُغَنِّيَةُ دَنْغْدُوت),
Atta Halilintar (YouTuber) – أَتَّا هَالِيلِنْتَار (مُدَوِّنٌ عَلَى يُوتِيُوب),
Susi Pudjiastuti (Mantan Menteri Kelautan) – سُوسِي بُوجِيَسْتُوتِي (وَزِيرَةُ البِحَارِ السَّابِقَة),
Taufik Hidayat (Atlet bulu tangkis) – تَوْفِيق هِدَايَة (لَاعِبُ بَدْمِنْتُون)

  • Siapkan kartu tokoh atau cukup dituliskan secara rahasia

  • Tentukan satu siswa yang akan memerankan tokoh rahasia (tokoh tersebut diketahui hanya oleh siswa tersebut atau ditentukan oleh guru)


✅ 2. Pelaksanaan Permainan:

🔸 Langkah 1: Pilih Satu Pemain (Siswa A)

Siswa A mendapat atau memilih satu tokoh rahasia.

🔸 Langkah 2: Siswa Lain Bertanya

Semua siswa lain mengajukan pertanyaan dalam bahasa Arab untuk menebak siapa tokoh tersebut.
Gunakan pertanyaan yang simpel dan umum, misalnya:

🗣️ Contoh Pertanyaan:

Bahasa Arab

Arti

هَلْ أَنْتَ رَجُلٌ؟

Apakah kamu laki-laki?


هَلْ أَنْتَ طَبِيبٌ؟

Apakah kamu dokter?


هَلْ تَعِيشُ فِي الْقَرْنِ الْعِشْرِينَ؟

Apakah kamu hidup di abad ke-20?


هَلْ أَنْتَ شَخْصٌ مَشْهُورٌ؟

Apakah kamu orang terkenal?


هَلْ أَنْتَ مُمَثِّلٌ فِي الْمَسْلَسَلَاتِ؟ ؟

Apakah kamu aktor sinetron?


هَلْ تَعْمَلُ فِي الْمُسْتَشْفَى؟

Apakah kamu bekerja di rumah sakit?


🔸 Langkah 3: Pemain Menjawab

Jawaban diberikan secara sederhana, cepat dan jujur dalam bahasa Arab:

نَعَمْ (ya) atau لَا (tidak)

🔸 Langkah 4: Menebak Tokoh

Setelah beberapa pertanyaan, siswa mencoba menebak:

أَأَنْتَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟
(Apakah Anda Nabi Muhammad ﷺ?)


أَأَنْتِ نَجْوَى شِهَاب ؟ (Apakah kamu Najwa Shihab?)

Jika tebakan benar → Beri tepuk tangan meriah, lalu ganti pemain.

🧠 Tips Guru:

  • Guru mengawali dengan memberi contoh cara bertanya, siswa menirukan. Setelah mereka terampil bertanya, permainan dimulai.

  • Pilih nama tokoh yang familiar bagi siswa.

  • Dorong siswa membuat pertanyaan baru dari kosakata yang dipelajari

  • Selamat belajar Bahasa Arab sambil bermain…

Posting Komentar

0 Komentar

Komentar menggunakan bahasa sopan dan tidak mengandung unsur SARA. Redaksi berhak mengedit komentar apabila kurang layak tayang.

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Ok, Go it!
To Top