5 Fakta Siswa Masuk Hari Pertama Setelah Liburan, Nomor 5 Paling Disorot

0
Siswa sedang berpamitan dengan orangtua. (foto: EDUKASIA.ID/Abe Azzahrowi)

Setelah Liburan semester gasal, siswa bersiap masuk ke sekolah lagi. Apa saja fakta-fakta menarik siswa ketika hari pertama masuk sekolah setelah liburan?

EDUKASIA.ID merangkum fakta-fakta siswa yang masuk hari pertama ke sekolah setelah liburan panjang pada tulisan sebagai berikut.

1. Berangkat pagi-pagi

Tidak seperti biasanya, ketika hari pertama masuk sekolah setelah liburan siswa biasanya berangkat lebih pagi.

Siswa bersemangat berangkat ke sekolah karena sekian lama liburan di rumah, mereka tidak berjumpa dengan teman-teman sekolah dan juga bapak ibu guru.

Di samping itu mereka juga ingin segera memulai proses belajar mengajar di sekolah.

Selain itu, anak-anak di beberapa sekolah yang denah tempat duduknya diatur bergilir atau rotasi, akan berkompetisi untuk mendapatkan kursi yang sesuai harapan mereka, biasanya kursi yang diperebutkan adalah kursi yang berada di urutan depan.

Hal-hal tersebut yang membuat siswa ingin berangkat ke sekolah lebih awal.

Orang tua pun mau tidak mau juga harus mempersiapkan lebih awal Untuk mengantarkan anak-anak mereka berangkat ke sekolah.

2. Alat tulis baru


Ketika siswa masuk sekolah hari pertama setelah liburan, beberapa siswa biasanya membawa alat tulis baru seperti buku tulis, pulpen, pensil, maupun tas baru.

Pada hari-hari menjelang berakhirnya libur sekolah, orang tua biasanya disibukkan dengan aktivitas mencari alat tulis untuk anak-anak mereka.

Si anak biasanya meminta pada orang tua untuk dibelikan alat tulis yang baru mengingat sekolah segera dimulai.

Meski ada beberapa siswa yang tetap menggunakan alat tulis lama yang masih kayak dan bisa dipergunakan untuk proses belajar mengajar.

3. Bawa buku banyak, tapi tak sesuai jadwal

Beberapa siswa yang masih kecil biasanya ada yang membawa buku dengan jumlah yang sangat banyak sekolah saat hari pertama siswa tersebut masuk ke sekolah setelah liburan.

Diantara buku yang dibawa adalah buku tulis, buku teks maupun modul pelajaran.

Bahkan kadang-kadang buku yang dibawa oleh siswa tersebut tidak sesuai dengan jadwal hari itu.

Hal ini mengingat siswa kurang teliti atau tergesa-gesa ketika mempersiapkan berangkat ke sekolah hari pertama.

4. Membawa mainan dari rumah

Momen masuk sekolah hari pertama setelah liburan juga dimanfaatkan sebagian siswa yang masih kecil, biasanya ketika mereka ke sekolah juga membawa mainan dari rumah masing-masing.

Mainan tersebut sengaja dibawa dari rumah karena mereka biasanya ingin menunjukkan mainan tersebut pada teman-temannya.

Terkait hal ini biasanya di beberapa sekolah guru-guru ada yang melakukan razia mainan mengingat kadang dengan membawa mainan anak-anak lupa melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah.

Razia biasanya dilaksanakan sebelum proses belajar mengajar, seluruh mainan diamankan oleh guru wali kelas masing-masing dan akan diberikan setelah proses belajar mengajar usai atau ketika siswa mau pulang.

5. Pulang awal

Saat hari pertama masuk sekolah setelah liburan, proses belajar mengajar biasanya belum efektif, di beberapa sekolah siswa dipulangkan lebih awal dari hari-hari normal.

Para guru beserta kepala sekolah biasanya mengadakan rapat terkait dengan persiapan awal semester baru yang membahas pelaksanaan proses belajar mengajar selama satu semester kedepan.

Mungkin jika siswa tidak dipulangkan lebih awal, maka waktu untuk rapat dapat biasanya kurang efektif sehingga alternatifnya siswa dipulangkan tidak seperti hari Biasanya.

Nah, itulah 5 fakta-fakta siswa yang masuk hari pertama ke sekolah setelah liburan. Pasti pembaca sudah mengalami 5 fakta tersebut saat sekolah, kan?

Tetap semangat belajar dan mengajar ya…

Penulis : 
Abe Azzahrowi


Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top