Kembalikan Kedisiplinan, SDN Mangguljoyo Purworejo Laksanakan Upacara Bendera

Siswa SDN Mangguljiwo melaksanakan upacara. (foto: Edukasia.id/ Risma)

Purworejo. EDUKASIA.ID. Sebagai upaya mengembalikan sikap disiplin bagi siswa-siswanya, SDN Mangguljoyo Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo kembali melaksanakan upacara bendera secara rutin, seperti pada Senin (21/03/2022).

Kegiatan pembelajaran secara tatap muka yang sempat terhenti beberapa waktu lalu dianggap mengakibatkan kedisiplinan siswa menurun. Hal ini disampaikan oleh Endah Widiastuti, S.Pd, Kepala SDN Mangguljoyo.

"Saat siswa melaksanakan pembelajaran secara daring, terkadang ada siswa yang selama daring hanya memakai atasan seragam, bawahan tidak. Ada pula pengumpulan tugas yang masih terlambat. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa. Sekarang sudah mulai pembelajaran tatap muka, maka kami laksanakan upacara bendera seperti dulu", ungkap Endah. 

Menurut Endah kegiatan upacara bendera menjadi kegiatan yang efektif untuk mengembalikan kedisiplinan siswa, baik kedisiplinan berpakaian dan kehadiran. 

Kedisiplinan yang terlihat dari kelengkapan berpakaian, atribut seragam yang lengkap, kerapian siswa dan juga kehadiran siswa yang datang sebelum kegiatan upacara dimulai.
" Upacara bendera ini memberikan banyak manfaat untuk siswa, baik kedisiplinan maupun kemampuan pribadi siswa. Belajar menjadi pemimpin, belajar menjadi peserta upacara yang baik, belajar menghargai, dan meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara. kegiatan ini juga bermanfaat bagi guru untuk tetap konsisten bersikap disiplin waktu", ungkap Endah lebih lanjut. 

Kegiatan upacara bendera di SDN Mangguljoyo baru dilaksanakan kembali sejak bulan Februari, sebelumnya kegiatan upacara bendera di SDN Mangguljoyo telah ditiadakan sejak adanya kebijakan PPKM dan sekolah hanya melayani kegiatan konsultasi pembelajaran. 

Tingkat penyebaran virus covid-19 yang tinggi membuat SDN Mangguljoyo mengadakan kegiatan proses pembelajaran secara daring dan tatap muka terbatas yang hanya diikuti oleh 50 % dari jumlah siswa. 

Selain kegiatan upacara bendera yang telah dilaksanakan kembali, SDN Mangguljoyo juga telah melaksanakan kembali kegiatan pembacaan asmaul husna sebelum kegiatan pembelajaran di kelas dan juga pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drumband. 

Kegiatan ini dilakukan guna membangun kembali iklim positif semangat belajar siswa setelah pelaksanaan kegiatan daring. 

Penulis : Risma
Editor : Moh. Miftahul Arief
Pixy Newspaper 11

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top