Cetak Pelajar Pancasila, PAI-PGMI UNUGIRI Gelar Webinar Nasional

Tangkap layar zoom meeting peserta Webinar Nasional bertema Penguatan Pelajar Pancasila oleh Prodi PAI-PGMI UNUGIRI. Dok. Pribadi


Semarang, EDUKASIA.ID - Cetak profil pelajar Pancasila, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro gelar webinar nasional.

Webinar bertema “Penguatan Pelajar Pancasila” tersebut diikuti lebih dari 1000 mahasiswa secara zoom meeting, dan live youtube.

Jauharul Ma’arif, rektor UNUGIRI dan keynote speaker menyampaikan, nilai-nilai pancasila pada pelajar kian luntur akibat banyaknya informasi yang muncul. 

"Untuk meminimalisir banyaknya informasi yang beredar, kita sambut baik masuknya pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka," Jelasnya Ma'arif Sabtu, (22/10/2022).

Ma'arif dalam materinya menambahkan, profil pelajar pancasila sudah sesuai dengan kompetensi siswa abad 21.

“Bila saya lihat, enam profile pelajar pancasila seperti dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif, sudah sesuai dengan kompetensi berpikir abad 21," Tambahnya.

Tak hanya itu, Dekan Fakultas Tarbiyah UNUGIRI Ahmad Manshur menyampaikan, profil pelajar Pancasila itu penting. Apalagi budaya gotong royong dewasa seakan-akan memudar. 

"Melalui profil pelajar Pancasila ini, diharapkan budaya adiluhung kembali menjadi jatidiri pelajar kita," Ungkapnya.

Tambahnya, dengan menguatkan enam pilar dalam profil pelajar pancasial akan menjadi bangsa yang bermartabat, terhormat dimata dunia. 

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HSN dan Diesnatalis Ke-8 UNUGIRI ini turut dihadiri pembicara dari berbagai perguruan tinggi.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top