Tips Agar Judul Skripsi Tidak Ditolak Dosen

Ilustrasi mengerjakan skripsi. Dok. ist


Selain tugas, problematika perkuliahan yang seringkali dihadapi mahasiswa tahun akhir adalah penolakan judul skripsi atau penelitian yang akan diajukan sebagai tugas akhir. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar judul penelitian lebih mudah diterima dan di acc dosen, diantaranya:

1. Memperbanyak Membaca Referensi Penelitian Terdahulu

Memperkaya bacaan dengan referensi penelitian terdahulu merupakan hal sederhana yang kerap kali dilupakan mahasiswa. Padahal, membaca penelitian terdahulu merupakan langkah awal dalam menemukan ide, gagasan bahkan objek material maupun formal yang dapat kamu lanjutkan menjadi judul skripsi. 

2. Memperbanyak Membaca Jurnal

Selain penelitian terdahulu, jurnal juga sama pentingnya untuk dibaca dan mempermudah kita menemukan bahasan yang akan diambil dalam judul skripsi. Membaca jurnal juga dapat membuat mahasiswa memiliki acuan dalam menulis skripsi.

3. Pahami Karakteristik Program Studi

Setiap program studi memiliki karakteristik dan konsentrasi masing-masing yang harus dipahami oleh mahasiswa. Pengetahuan tersebut dapat membantu mahasiswa memahami batasan dalam menentukan judul skripsi. Ketahui informasi tersebut secara tepat melalui buku panduan penelitian skripsi yang sudah ada ataupun manfaatkan informasi dari kakak tingkat masing-masing. 

4. Perkuat Aspek Latar Belakang

Latar belakang suatu permasalahan merupakan penilaian utama dosen sebelum rumusan masalah. Sehingga, memperkuat latar belakang dari penelitian skripsi merupakan aspek yang penting untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan sejak awal menentukan judul. Selain itu, jangan memasukkan diksi tertentu yang dapat menimbulkan kesimpulan sepihak dan salah tafsir.

5. Tentukan Objek Secara Aktual

Pada umumnya, judul skripsi hadir dari permasalahan yang terjadi di lingkungan atau pengamatan yang dilakukan oleh peneliti. Sehingga perlu memanfaatkan keberadaan dari permasalahan yang dapat ditemukan di lingkungan terdekat atau sekitar sebagai objek utama dari penelitian skripsi masing-masing. 

6. Menonjolkan Keaslian Penelitian

Ketika mengajukan suatu judul untuk penelitian skripsi kepada dosen masing-masing yang dipilih, pastikan untuk menyampaikan keunikan yang dimiliki penelitianmu. Tonjolkan perbedaan penelitianmu dengan penelitian yang sebelumnya untuk benar-benar memastikan apakah terdapat keaslian dari penelitian masing-masing. Jika perlu, sertakan suatu bukti atau dokumentasi dari penelitian sebelumnya.



buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top