Jalin Kerjasama dengan BPS Bojonegoro, UNUGIRI Kini Miliki Pojok Statistik

FOTO BERSAMA-Dekan FST Sunu Wahyudi beserta Kaprodi, Sekprodi dan Dosen Statistik UNUGIRI mendampingi Kepala BPS Kabupaten Bojonegoro Kiki Ferdiana beserta rombongan meninjau ruang Pojok Statistik di Gedung B Fakultas Tarbiyah Lt. II. (foto.ist)

Bojonegoro. EDUKASIA.ID-Guna meningkatkan literasi dan pemanfaatan statistik di lingkungan Perguruan Tinggi, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan Kuliah Umum dan Launching Pojok Statistik Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI), Rabu (20/9/23) di Hall Hasyim Asy’ari Lt. 3 Gedung Rektorat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian BPS dalam penyebarluasan ragam dan manfaat produk statistik yang dihasilkan untuk PT.

Apalagi, Pojok Statistik yang di-launcing, merupakan kolaborasi BPS Kabupaten Bojonegoro dan UNUGIRI sebagai media layanan promosi statistik di lingkungan universitas. Sehingga, melalui Pojok Statistik, literasi dan upaya pemanfaatan statistik di lingkungan UNUGIRI meningkat secara optimal. 

Kiki Ferdiana, selaku Kepala BPS Kabupaten Bojonegoro kala sambutan menjelaskan, bila BPS sudah memberi pelayanan terpadu sejak Tahun 2011 melalui pembentukan Pelayanan Statistik Terpadu (PST) ditingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten atau Kota. 

Karenanya, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, PST menciptakan inovasi dengan menghadirkan Pojok Statistik sebagai salah satu langkah nyata yang BPS lakukan dengan pelayanan prima dan membawa statistik lebih dekat kepada para penggunanya.  

Beliau juga menambahkan, berdasarkan survey kebutuhan data yang telah dilakukan BPS Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022, bila mayoritas pengguna pelayanan statistik di PST 50 persen adalah mahasiswa yang berasal dari PT. Karenanya, BPS Kabupaten Bojonegoro menghadirkan Pojok Statistik di lingkungan UNUGIRI agar cepat dan mudah diakses.

“Hadirnya Pojok Statistik ini, merupakan upaya bersama untuk memberikan pelayanan statistik yang cepat dan mudah di akses,” jelas ibu Kiki Ferdiana.

Selain itu, Kepala BPS Kabupaten Bojonegoro juga menjelaskan, bila UNUGIRI merupakan satu-satunya universitas yang memiliki Program Studi (Prodi) Statistika di Bojonegoro. Menurut beliau, keberadaan Prodi tersebut merupakan langkah bagus untuk bisa saling bekerja sama antara bidang akademisi dan praktisi. 

Kiki panggilan akrab Kiki Ferdiana, lebih lanjut menyebut bila Pojok Statistik yang ada di UNUGIRI memiliki layanan diantaranya, tentang konsultasi data statistik, promosi statistik, dan terakhir edukasi statistik.

Menutup sambutan, Kiki berharap melalui hadirnya Pojok Statistik di UNUGIRI,  peningkatan kapasitas statistik dan kesadaran masyarakat akan arti dan kegunaannya di Bojonegoro bisa segera terwujud.

“Melalui kerjasama ini, besar harapan kami kepada UNUGIRI ikut turut serta dalam mendukung dan menyukseskan beberapa kegiatan besar BPS yang akan kita lakukan kedepan,” harapnya. 

Sementara itu, Rektor UNUGIRI, K. M. Jauharul Ma’arif, dalam sambutannya menjelaskan, bila di dunia pendidikan data statistik sangat penting dan dibutuhkan oleh semua mahasiswa yang ada di UNUGIRI.  Karenanya, beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada BPS Kabupaten Bojonegoro yang telah berkenan kerjasama dengan UNUGIRI melalui pendidiran Pojok Statistik.

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kepada BPS Bojonegoro yang telah berkenan bekerjasama dengan kami,” tuturnya.

Rektor juga berharap, adanya  hasil kerjasama antara BPS dengan UNUGIRI,  kualitas pendidikan dan pengajaran meningkat dan menguatkan keberadaan Prodi Statistik secara khusus yang dimiliki UNUGIRI.

“Kerjasama ini semoga menjadikan penguatan dan meningkatnya kualitas di Prodi Statistik, serta animo Camaba memilih Prodi tersebut,” harapnya.

Seremonial lauching Pojok Statistik sendiri ditandai dengan pemukulan gong oleh Rektor UNUGIRI, didampingi Kepala BPS Kabupaten Bojonegoro yang dilanjut dengan penandatanganan perjanjian kerjasama PKS BPS dan UNUGIRI.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 – 11.15 Wib, diawali dengan pembukaan, melantunkan sholawat al-Fatih, menyanyikan lagu Indonesia Raya,  mars syubbanul wathon, dan mars statistik, kemudian doa, serta dilanjut sambutan, simbolis launching Pojok Statistik, kuliah umum dan diakhiri pemotongan pita serta peninjauan ruang Pojok Statistik yang berada di Gedung B Fakultas Tarbiyah Lt. II.

Acara Launching Pojok Statistik di UNUGIRI, di kemas melalui Kuliah Umum dari BPS tentang “Membangun Perekonomian Melalui Data Menuju Bojonegoro yang Tangguh dan Bersaing” dengan pemateri Tim Neraca Regional, Nila Oktaria Widayanti.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Raktor I M. Ridlwan Hambali, Wakil Rektor II, Yogi Prana Izza, Wakil Rektor IV Ifa Khoiria Ningrum, Dekan FST Sunu Wahyudi, Kaprodi Statistik Nita Cahyani, beserta Sekprodi Fetrika Anggraini, Dosen dan mahasiswa. (najib/man)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top