Peduli Kesehatan Balita dan Lansia, TIm KKN UIN Walisongo Semarang Bantu Posyandu

Pemantauan kesehatan masyarakat di Posyandu Desa Kerban, Kecamata Bawen, Kabupaten Semarang, oleh tim KKN UIN Walisongo Semarang  Sabtu (7/10/2023).

Kabupaten Semarang. EDUKASIA.ID -  Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler ke-81 Universitas Negeri (UIN) Walisongo Semarang berperan aktif dalam meningkatkan pemantauan kesehatan masyarakat Desa Kerban, Kecamata Bawen, Kabupaten Semarang, salah satunya dalam bentuk dukungan kegiatan Posyandu di desa tersebut, Sabtu (7/10/2023).

Dalam kegiatan Posyandu yang rutin diadakan pada hari Sabtu pertama setiap bulan tersebut, para mahasiswa KKN ini secara aktif terlibat dalam pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala balita, dan pengecekan tensi darah pada lansia.

Hasil pengukuran yang dilakukan tim KKN UIN Walisongo bersama kader Posyandu digunakan menilai status gizi dan perkembangan anak-anak, serta memberikan saran yang sesuai kepada orang tua.

Sedangkan pengecekan tensi darah pada lansia merupakan langkah preventif untuk mendeteksi dini masalah kesehatan seperti hipertensi. Dengan melakukan pengecekan tensi darah secara rutin, risiko masalah kesehatan yang lebih serius dapat dihindari.

Salah satu kader Posyandu, Ica, mengapresiasi hadirnya mahasiswa KKN yang telah membantu dalam kegiatan Posyandu tersebut.

"Karena beberapa Kader Posyandu tidak dapat hadir hari ini, saya merasa bersyukur akan adanya mahasiswa KKN yang turut serta membantu sehingga kegiatan Posyandu dapat berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Sementara itu, peran Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang yang berkomitmen untuk mendukung program-program kesehatan masyarakat di wilayah sekitar tersebut juga diapresiasi oleh dosen pembimbing lapangan (DPL), M Tafrikan. 

"Kami sangat gembira dapat memberikan kontribusi dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat di Desa Kerban. Kolaborasi antara mahasiswa dan Posyandu memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada warga desa ini," ungkap Tafrikan.

---

Serial berita KKN UIN Walisongo kerjasama Edukasia.id dengan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) LP2M UIN Walisongo Semarang.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top