Ajarkan Pola Hidup Sehat, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Sosialisasikan Cuci Tangan Siswa SD

Sosialisasi Cuci Tangan di SDN 1 Asinan Bawen Semarang oleh tim KKN UIN Walisongo. Foto ist

Kabupaten Semarang. EDUKASIA.ID - Mahasiswa Kerja Kuliah Nyata (KKN) Reguler 81 Posko 2 UIN Walisongo Semarang mengadakan sosialisasi 'Cuci Tangan' di SD N 1 Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang, Sabtu (4/11/2023). 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pola hidup sehat sejak dini.

Ketua KKN, Bayu Adhel Pradana, mengatakan salah satu pola hidup sehat yang harus dibiasakan ialah cuci tangan. 

Menurutnya, cuci tangan ialah tindakan sederhana, tetapi memiliki dampak besar dalam menjaga kesehatan, terutama di kalangan anak-anak.

"Sasaran sosialisasi kita adalah anak-anak SD yang masih minim pengetahuan dan kesadaran akan kesehatan. Jadi kita mulai dari yang mudah dahulu seperti cuci tangan dengan baik dan benar," ucapnya.

Ia menjelaskan ada tujuh langkah mencuci tangan yang baik dan benar menurut World Health Organization (WHO). 

Tujuh langkah tersebut dikemas mahasiswa KKN UIN Walisongo menjadi lagu yang mudah diingat anak-anak.

"Tujuan dari lagu tersebut ialah agar anak-anak mudah mengingat dan tidak bosan dalam memahami materi yang kami jelaskan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD 1 Asinan, Sri Rahayu menyambut baik sosialisasi cuci tangan yang digagas mahasiswa KKN UIN Walisongo.

"Kami senang kedatangan mahasiswa KKN UIN Walisongo. Terima kasih sudah bersedia untuk berbagi ilmu tentang cara cuci tangan sesuai pedoman WHO," ucapnya.
 
Setelah kegiatan ini, pihaknya berharap siswa SD 1 Asinan dapat mempraktikkan cuci tangan dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top