Bekali Nulis Makalah Baik dan Benar, HMP PAI UNUGIRI Gelar Workshop

NARASUMBER-Usman Roin, Dosen Prodi PAI UNUGIRI beri penjelasan menulis makalah baik dan benar yang diselenggarakan oleh HMP PAI, Minggu (12/11/23). (foto.hmp pai)

Bojonegoro. EDUKASIA.ID-Guna membantu mahasiswa baru (Maba) yang masih kesulitan membuat makalah secara baik dan benar terwujud, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) PAI Fakultas Tarbiyah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) mengadakan Workshop Pembuatan Makalah Berbasis ICT, Minggu (12/11/23).

Workshop yang terlaksana di Aula Lt. 3 Gedung Fakultas Ilmu Kesehatan tersebut tidak hanya diikuti oleh mahasiswa PAI. Mahasiswa Prodi HKI, PJKR, serta Teknik Informatika juga hadir sebagai peserta.

Ketua Panitia Putri Dharma Yanti, mengatakan bila workshop diadakan adalah realisasi Program Kerja (Proker) HMP PAI UNUGIRI Tahun 2023/2024.

“Kegiatan ini merupakan Proker HMP PAI,” ungkapnya.

Putri, juga menambah, bila hadirnya kegiatan tersebut bisa menjadi solusi dan bekal para mahasiswa PAI dalam memahami sistematika kepenulisan makalah yang baik dan benar. Karenanya, ia memohon untuk diikuti dengan baik.

“Ikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dari awal hingga akhir,” pintanya.

Sementara, Ketua HMP PAI UNUGIRI Hilda Nur Rohmah, menyampaikan terima kasih kepada undangan, peserta, panitia hingga narasumber. Ia tidak lupa meminta maaf bilamana terdapat kekurangan dalam mempersiapkan kegiatan.

“Saya mohon maaf bila ada kekurangan dalam menjamu peserta,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Hilda, memaparkan bila kegiatan workshop yang diselenggarakan berangkat dari kebutuhan mahasiswa Prodi PAI, khususnya disemester awal mahasiswa yang masih bingung bagaimana membuat makalah yang baik. 

“Hadirnya workshop, lahir dari analisis kebutuhan mahasiswa baru PAI yang bingun membuat makalah,” tegasnya.

Usman Roin, yang didapuk menjadi narasumber workshop, secara khusus mengapresiasi langkah progresif HMP PAI UNUGIRI yang memiliki kepedulian tinggi pada literasi -menulis- karya ilmiah yang tengan lesu geliat kualitasnya.

“Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada teman-teman HMP PAI,” ucapnya.

Dalam paparannya, Dosen Prodi PAI tersebut menegaskan kepada peserta, bila dalam membuat makalah prinsipnya tidak sekadar jadi. Copy lalu paste. Tetapi, juga kudu benar proses menyelesaikannya guna menambah keterampilan personal dalam menulis.

“Bila sekadar copy-paste buat makalah, cara itu belum benar,” terangnya.   

Secara atraktif, Usman selaku narasumber meminta kepada peserta yang sudah dibuat kelompok mempraktikan slide demi slide bagaimana membuat cover, pendahuluan, kajian teori, kesimpulan, serta menulis sitasi dan daftar pustaka merujuk kepada buku Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah UNUGIRI, dengan memanfaatkan tools-tools yang ada di Microsoft Word.

Salah satu peserta, Amat Ajar Wanto, yang merupakan mahasiswa Prodi PAI Semester 1 mengatakan, bila alasan mengikuti workshop selain ingin mengerti dan memahami bagaimana membuat makalah yang sesuai kaidah Fakultas Tarbiyah, juga ingin memanfaatkan waktu luang dihari libur dengan menambah pengetahuan.

Ia juga berharap, pasca mengikuti kegiatan bisa menulis bahkan menerbitkan buku.

“Setelah ini saya, ingin bisa menulis dan nerbitin buku,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan M. Rif’an Fatoni, mahasiswa dari Teknik Informatika UNUGIRI. Ia berdalih, alasan ikut workshop yang diselenggarakan HMP PAI untuk menambah wawasan kepenulisan makalah secara benar.

Rif’an juga berharap, workshop seperti ini diadakan lagi agar mahasiswa paham juga kritis bila menulis makalah selain baik juga benar caranya. Yakni, dengan tidak sekadar copy dan paste guna menambah kompetensi diri menulis karya ilmiah.

“Ke depan, workshop kepenulisan makalah ini supaya intensif diadakan lagi,” pintanya. (put/man)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top