Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ajari Warga Desa Asinan Olah Lele Jadi Nugget


Dokumentasi Mahasisw KKN Ajari Warga Asinan Olah Lele Jadi Nugget


Kabupaten Semarang. EDUKASIA.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler 81 posko 2 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan pelatihan ekonomi kreatif sebagai upaya pemanfaatan potensi desa di Balai Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Selasa (7/12/2023).

Kegiatan yang mengusung tema ‘Meningkatkan Kreativitas dan Nilai Gizi Lele Melalui Pengolahan Ikan Lele Sebagai Pemanfaatan Potensi Lokal Desa Asinan’ tersebut berangkat dari potensi Desa Asinan yang memiliki budidaya ikan lele di setiap Rukun Tangga (RT) nya.

“Kebanyakan warga disini mengolah lele hanya digoreng saja. Kemudian salah satu teman kami berinisiatif untuk mengolah lele tersebut menjadi nugget,” ucap Ketua Panitia, Ma’adzah.

Ma’adzah juga menuturkan bahwa proses pembuatan nugget lele cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Dimulai dari lele yang difillet kemudian dihaluskan. Setelah halus, daging lele dicampur dengan telur, wortel, daun bawang, penyedap rasa, tepung terigu dan tapioka secara bertahap. Kemudian setelah halus pindahkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak goreng. Lalu adonan dikukus selama 30 menit.

Hasil kukusan didiamkan dulu hingga dingin. Kemudian potong hasil kukusan sesuai selera lalu celupkan ke larutan telur dan dilapisi tepung panir. Produk nugget lele yang sudah jadi dapat disimpan dalam freezer atau dapat langsung digoreng dan disajikan.

“Mengolah ikan lele menjadi nugget ini dapat meningkatkan nilai gizi serta meningkatkan daya tarik dibandingkan digoreng saja,” ujarnya Ma’adzah.

Kegiatan yang diusung oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo tersebut mendapat respon positif dari warga Desa Asinan.

“Makanan ini cukup menarik dan mudah dibuat. Terima kasih adek-adek atas inovasinya,” ujar salah satu warga Desa Asinan yang hadir dalam pelatihan.

----
Serial berita KKN UIN Walisongo kerjasama Edukasia.id dengan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) LP2M UIN Walisongo Semarang.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top