Tingkatkan Perkembangan UMKM, KKN UIN Walsongo Gelar Seminar Digital Marketing


Dokumentasi Seminar Digital Marketing di Balai Desa Kandangan

Kabupaten Semarang. EDUKASIA.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 81 posko 5 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo mengadakan seminar digital marketing di Balai Desa Kandangan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Minggu (5/11/2023).

Seminar yang bertemakan”Optimalisasi Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial” tersebut menghadirkan narasumber Hayu Akhlul Maslahat S.IP yang merupakan owner of CV Ocean Of Diamonds dan badan pengurus daerah HIPMI Jawa Tengah.

Ketua KKN, Arya Sahula mengatakan bahwa acara ini dibuat untuk mengenalkan pemasaran digital kepada masyarakat desa Kandangan khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa tersebut.

“Setelah saya survei beberapa UMKM disini rata-rata belum mengenal strategi pemasaran lewat sosial media selain WhatsApp sehingga harapannya setelah acara ini mereka bisa mengembangkan penjualan produk masing-masing,” ucapnya.

Pada pelaksanannya, pemateri mengenalkan dan mengajarkan berbagai media sosial yang dapat digunakan sebagai alat pemasaran seperti instagram , tiktok, facebook serta cara yang digunakan untuk membuat kontennya.

Salah satu Warga Dusun Tugusari Desa Kandangan dan Pelaku UMKM kripik singkong, Santi mengatakan bahwa dirinya memperoleh manfaat dengan dengan adanya acara tersebut.

“Sangat bermanfaat acaranya, saya dan rekan-rekan pelaku UMKM jadi bisa belajar tentang strategi pemasaran yang baik dan benar, Insya Allah nanti akan saya terapkan,” tutur Santi.

---

Serial berita KKN UIN Walisongo kerjasama Edukasia.id dengan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) LP2M UIN Walisongo Semarang.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top