Pengertian Filsafat dan Manfaatnya dalam Kehidupan

(Ilustrasi Pemikiran Filsafat. Foto Pixaby)

Penulis: Ma'rifah Nugraha (Volunteer Jurnalis, Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Walisongo)

Semarang.EDUKASIA.ID - Filsafat disebut-sebut sebagai induk dari semua ilmu pengetahuan yang ada di muka bumi. Bahkan, banyak orang yang menganggap bahwa filsafat ialah ilmu paling istimewa yang menduduki tempat paling tinggi di antara seluruh ilmu pengetahuan.

Sebagai ilmu, filsafat sendiri memiliki manfaat tertentu apabila manusia ingin menekuninya dengan baik. Lalu apa sebenarnya filsafat itu? Dan apa manfaat mempelajari filsafat?

Berikut pengertian filsafat beserta manfaat kajiannya yang dirangkum Edukasia.id dari buku Pengantar Filsafat (2015) oleh Sholihan, sebagai berikut:

Pengertian Filsafat Secara Etimologi 

Secara etimologi (bahasa), istilah filsafat dalam bahasa Indonesia nampaknya diserap dari istilah bahasa Arab “falsafah”. Falsafah” sendiri bukanlah merupakan istilah asli bahasa Arab melainkan istilah serapan dari bahasa Yunani “philosophia”, yang merupakan gabungan dari dua kata yakni, philos dan shopia

Philos yang artinya cinta atau philein yang artinya mencintai, dan shopia yang artinya kebijaksanaan. Dengan demikian, secara etimologi, filsafat berarti cinta atau mencintai kebijaksanaan.

Pengertian Filsafat Secara Terminologi 

Secara terminologi (istilah), Poedjawiyatma memberikan definisi bahwa filsafat adalah ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan atas pikiran belaka.

Harun Hadiwiyono mengemukakan bahwa filsafat adalah usaha manusia dengan akalnya untuk memperoleh pandangan dunia dan kehidupan yang memuaskan hati.

Harold Titus dkk, menyadari betapa sulitnya mendefinisikan filsafat yang dapat memuat semua dimensinya. Sehingga, Harold Titus dkk mengemukakan lika definisi sekaligus:

Pertama, filsafat adalah kumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis.

Kedua, filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang kita junjung tinggi.

Ketiga, filsafat adalah usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan.

Keempat, filsafat adalah sebagai penganalisis logistik dari bahasa serta penjelasan tentang arti kata dan konsep.

Kelima, filsafat adalah kumpulan permasalahan yang langsung mendapat perhatian manusia dan yang dicari penjelasannya oleh ahli filsafat.

Manfaat Mempelajari Filsafat

Manfaat mempelajari filsafat, khususnya bagi mahasiswa yang belajar filsafat di fakultas non filsafat adalah sebagai berikut:

Pertama, filsafat dapat membantu memperluas wawasan calon sarjana.

Kedua, filsafat dapat membantu siswa untuk berpikir kritis dan menganalisis masalah-masalah dengan tajam.

Ketiga, filsafat dapat membantu calon sarjana untuk mengungkapkan pemikirannya dengan jelas dan tepat.

Keempat, filsafat membantu calon sarjana untuk memahami lebih mendalam dunia dimana kita hidup.

Kelima, filsafat dapat menanamkan kesadaran etis dalam jiwa calon sarjana.

Sedangkan manfaat filsafat dalam kehidupan sehari-hari seperti dilansir dari uncp.ac.id adalah dapat menjadikan manusia lebih bijaksana, dalam artian memahami pemikiran yang ada dari sisi pemikiran tersebut disimpulkan. 

Filsafat mendorong seseorang memahami dan menerima sesuatu yang lebih baik dalam berbagai keadaan atau sisi yang terlihat.

Demikian artikel tentang pengertian dan manfaat mempelajari filsafat, semoga bermanfaat!

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top