Tiga Tips Manajemen Waktu Ala Mahasiswa, Stop Menunda-nunda

(Ilustrasi manajemen waktu. Foto Pixabay)

Penulis: Ma'rifah Nugraha (Volunteer Journalist, Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Walisongo)

Semarang. EDUKASIA.ID - Bangku perkuliahan menjadi tempat mahasiswa untuk mencari pengalaman dan identitas kehidupan baru. Dalam perjalanannya, mahasiswa akan terlibat banyak kegiatan baik di dalam maupun di luar kampus, baik akademik maupun non akademik.

Mengingat padatnya kegiatan sebagai seorang mahasiswa, maka penting untuk mengetahui manajemen waktu. Secara umum, manajemen waktu adalah kemampuan menggunakan waktu yang efektif dan efisien untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

Berikut tiga tips cara manajemen waktu ala mahasiswa yang dilansir Edukasia.id dari laman Unesa:

1. Buat list kegiatan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah membuat list kegiatan. List kegiatan bisa dibuat secara harian, mingguan, atau bulanan, tergantung pada kebutuhan. Perlu diketahui bahwa list atau jadwal kegiatan yang teratur akan membantu aktivitas sehari-hari lebih terarah dan punya tujuan.

2. Buat sakala prioritas dan fokus

Setelah membuat list kegiatan, langkah selanjutnya adalah menyusun skala prioritas. Skala prioritas dapat dilakukan dengan menyusun kegiatan yang paling penting sampai yang kurang penting. 

Sebagai contoh, jika mahasiswa mempunyai tugas yang harus dikumpulkan hari ini, maka menyelesaikan tugas harus menjadi prioritas. Kegiatan lain seperti nongkrong atau jalan-jalan bisa ditunda terlebih dahulu. Langkah ini membantu untuk mengalokasikan waktu secara bijak.

3. Stop menunda-nunda 

Kebiasaan menunda-nunda terjadi pada banyak orang. Namun, jika terus dibiarkan maka banyak hal yang akan terbengkalai. Maka dari itu, setelah menyusun list kegiatan dan mempunyai skala prioritas sebaiknya kerjakan rencana tersebut sesuai timeline yang dibuat.

Demikian tips manajemen waktu ala mahasiswa. Berbahagialah bagi mahasiswa manapun yang pandai mengatur dan memanfaatkan waktu. Selamat mencoba!

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top