100 Remah Hikmah (83): Gadis vs Realita Budaya


Ilustrasi: Foto pixabay


Penulis: Salahuddin Ibnu Sjahad*

EDUKASIA.ID - Kalau di Jepang banyak bertebaran orang tua yang masih gadis, di kita sebaliknya. Usia gadis tapi ternyata orang tua. 

Kalau di arab gadis yang diam ketika dilamar berarti iya. Kalau di kita terpaksa berkata iya karena diam-diam sudah dilamar. 

Kalau di Perancis gadis yang akan menikah dapat tunjangan. Kalau di kita gadis yang belum nikah yang dapat tunjangan (dari ortu). 

Kalau di Finlandia gadis-gadis kelak jadi single parent (karena ayah biologis pergi entah kemana). Kalau di kita ada yang bangga jadi triple parent (jadi istri kedua). Kalau di amerika gadis disentuh siapa-siapa. 

Di kita gadis disimpan entah untuk siapa.


**** * ****

*Salahuddin Ibnu Sjahad atau Mohammad Salahuddin Al-Ayyubi, seorang guru mata pelajaran Ilmu Tafsir di MAN Sumenep, peraih beasiswa studi S2 melalui Beasiswa Indonesia Bangkit di UIN Sunan Kalijaga. Tulisan ini merupakan kompilasi statusnya di Facebook yang kemudian dijadikannya buku berformat PDF, diberinya judul "100 Remah Hikmah: Secuil Cerita dan Sudut Pandang Baru dalam Menikmati Rutinitas Kehidupan."

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top