5 Fakta Respon Orangtua Saat Sekolah Kembali Daring, Nomor 5 Paling Umum

 

Semarang. EDUKASIA.ID - Saat kebijakan pembelajaran daring hendak diterapkan lagi pada beberapa sekolah, berkaitan dengan maraknya penyebaran virus Covid-19 varian omicron, maka biasanya muncul aneka respon orangtua siswa.

Kebijakan pembelajaran daring atau istilah lainnya pembelajaran jarak jauh, disebut juga belajar dari rumah memiliki efek tersendiri bagi para orangtua.

EDUKASIA.ID merangkum beberapa fakta respon dari orang tua mendengar kebijakan daring hendak digulirkan kembali.

1. Kaget
Tatkala mendengar kabar sekolah anaknya akan diselenggarakan sistem daring, biasanya respon orangtua siswa adalah kaget.

Hal manusiawi ini terjadi karena selama ini para orangtua sudah menikmati keadaan dimana anak-anak mereka belajar dengan tatap muka meskipun terbatas.

Bayangan mendampingi anak-anak belajar di depan gadget sudah didepan mata.

2. Mencari informasi Valid
Ada kalanya informasi perubahan pola pembelajaran dari daring menjadi tatap muka atau sebaliknya justru datangnya bukan dari sekolah tetapi dari sumber lain.

Ada beberapa orangtua yang mengetahui informasi pola pembelajaran dari medsos, termasuk Whatsapp group maupun dari media.

Orangtua biasanya lantas mencari tahu kevalidan informasi yang didapatkannya tersebut, dengan saling bertanya antar orang tua maupun kepada guru.

3. Cek kuota internet
Setelah kabar pembelajaran menggunakan pola daring atau jarak jauh yang notabene berbasis internet, biasanya para orangtua mengecek kuota data yang mereka miliki.

Termasuk mencari provider yang menyediakan paketan kuota data internet yang terjangkau dan ekonomis, terutama bagi yang di rumah tidak ada koneksi wifi.

4. Atur waktu pendampingan
Setelah ada kejelasan bahwa pembelajaran anaknya akan diselenggarakan dengan sistem daring para orang tua biasanya akan mengatur waktu untuk pendampingan belajar anak-anak mereka.

Ada yang mengatur jam kerja, dan yang memang terbatas waktu biasanya mencari guru pendamping untuk anak-anak mereka.

5. Menulis status
Nah, ini juga ada fakta yang terjadi setelah kebijakan pembelajaran daring diterapkan, para orang tua biasanya ada yang mencurahkan perasaan mereka dengan tulisan pada status medsos mereka.

Masing-masing orang tua berbeda isi tulisan statusnya, sesuai dengan keadaan yang dihadapi saat pendampingan anak mereka masing masing.

Nah, itulah 5 fakta yang dirangkum EDUKASIA.ID tentang respon orangtua saat sekolah kembali daring. Bagaimanapun juga pola pembelajaran baik pembelajaran tatap muka atau pembelajaran daring yang penting kualitasnya bagus dan anak-anak tetap semangat ya..!

Editor : Abe Azzahrowi
Pixy Newspaper 11

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top